8 Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

Konten [Tampil]
Tahukah kamu perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen yang sama-sama merupakan cabang dari ilmu ekonomi. Akuntansi sebagai ilmu keuangan memiliki kegunaan baik kepada beberapa pihak atau kepada pihak eksternal.

Perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen terletak dalam beberapa bidang, kali ini saya akan menerangkan 8 hal yang membedakan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen. Perbedaan utama akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan adalah dalam hal penggunaan hasil dari siklus akuntansi yang dipergunakan.

Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

Perbedaan persamaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen yang akan terjadi dalam siklus akuntansi haruslah terjadi karena prioritas kedua cabang akuntansi ini berbeda. Akuntansi keuangan memprioritaskan bagi pihak pihak diluar perusahaan sedangkan akuntansi manajemen diprioritaskan bagi pihak internal perusahaan sebagai sarana efisiensi perusahaan.

Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

Sebutkan dan jelaskan perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen yang terjadi diperusahaan antara lain.

Perbedaan Utama Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen 

Perbedaan utama akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen yang dapat diamati adalah bagaimana cara melaporkan hasil dari proses akuntansi tersebut. Pada akuntansi keuangan memiliki format yang baku yang harus diikuti oleh semua perusahaan sedangkan berbeda dengan akuntansi manajemen yang memiliki format laporan sesuai dengan yang diinginkannya.

Perbedaan pemakai utama

Perbedaan dalam pemakai utama dari akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen yaitu manajemen sebagai pihak internal akan menggunakan laporan manajemen untuk mengevaluasi efisiensi dan efektivitas pekerjaan yang telah dilakukan diperusahaan.

Hal yang membedakan akutansi keuangan dan akuntansi manajemen dalam hal pemakai utama yaitu akuntansi keuangan akan digunakan pihak eksternal seperti investor untuk melakukan transaksi investasi pada perusahaan sehingga laporan yang dibuat harus dipahami oleh investor.

Perbedaan Ruang lingkup akuntansi

Perbedaan ruang lingkup akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen yang terjadi yaitu akuntansi keuangan akan menyusun laporan keuangan secara menyeruluh mulai dari satu departemen dengan departemen yang lain. Sementara informasi akuntansi yang dihasilkan dari akuntansi manajemen hanya menjelaskan situasi yang ada diperusahaan saja pada beberapa bagian yang ada didalamnya seperti departemen keuangan, departeman pemasaran, dan departemen penyimpanan.

Perbedaan fungsi akuntansi

Perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan menurut para ahli yang terjadi pada fungsi departemen yaitu akuntansi manajemen hanya akan menilai sebuah departemen saja dimana departemen telah berjalan secara efektif atau tidak.

Sedangkan, hal yang berbeda terjadi pada akuntansi keuangan yang akan mengevaluasi perusahaan secara menyeluruh sehingga akan mendapatkan gambaran perusahaan secara menyeluruh ya.

Perbedaan fokus waktu

Perbedaan fokus waktu akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen dimana akuntansi keuangan berfokus pada waktu lampau yang telah dilalui oleh perusahaan, sedangkan akuntansi manajemen akan berorientasi pada masa yang akan datang.

Akuntansi manajemen berfokus pada masa yang akan datang karena berguna bagi seorang manajer untuk memutuskan permasalahan yang menjadi dasar perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan bisnis.

Perbedaan Frekuensi Laporan

Perbedaan frekuensi laporan keuangan yang dihasilkan oleh akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen yaitu akuntansi keuangan harus dibuat laporan keuangan selama interval waktu tertentu yang telah ditentukan yaitu satu tahun. Sedangkan hal yang berbeda terjadi pada akuntansi manajemen yang dapat membuat laporan manajemen sesuai waktu yang diinginkan dan dibutuhkan.

Perbedaan Sifat Informasi

Perbedaan sifat informasi akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen yaitu pada akuntansi keuangan memiliki sifat obyektif dan dapat diverifikasi kebenarannya karena telah diaudit oleh auditor. Sementara, sifat informasi akuntansi manajemen yaitu cepat dan fleksibel karena dapat dibuat kapanpun dan dimanapun diperlukan informasi tersebut.

Perbedaan Kewajiban Penyampaian Informasi

Perbedaan kewajiban penyampaian informasi akuntansi keuangan dan manajemen yaitu akuntansi keuangan memiliki sifat wajib membuat informasi tersebut bagi entitas yang memiliki tanggungjawab publik, sementara penyampaian informasi bagi manajemen tidak wajib untuk dilakukan karena ini merupakan laporan internal perusahaan.

Demikianlah perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen beserta contohnya semoga anda paham ya

Belum ada Komentar untuk "8 Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel