Cara Membuat Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa dan Dagang

Konten [Tampil]

Cara membuat jurnal penyesuaian perusahaan jasa dan dagang bermanfaat agar entitas dapat melaporkan keadaan keuangan sesungguhnya berdasarkan basis akrual dan basis kas. Asumsi dalam menyusun laporan keuangan terdiri dari prinsip penandingan, periode akuntansi dan prinsip pendapatan periode berjalan.

Contoh soal ayat jurnal penyesuaian perusahaan dagang dan jasa dapat berupa jasa salon, jasa loundry, jasa keuangan bahkan entitas manufaktur. Cara mencari laporan keuangan di idx tahun lama berguna sebagai alat penelitian ketika melakukan pembuatan latar belakang dan fenomena di skripsi mahasiswa akhir.

Perbedaan dasar akrual dan dasar kas diperlukan agar entitas dapat menerapkan sistem perbandingan antara pendapatan dan biaya. Dasar akrual adalah akuntansi akan mengakui transaksi pada periode terjadinya tanpa mempertimbangkan kas dan setara kas masuk dan keluar untuk pembayaran tagihan.

Asumsi dan Prinsip Penyusunan Laporan Keuangan

Asumsi penyusunan laporan keuangan adalah pertimbangan pencatatan yang dilakukan manajemen perusahaan terhadap transaksi yang telah terjadi. Laporan keuangan terdiri dari laporan arus kas, neraca saldo, laporan perubahan modal dan catatan atas laporan posisi keuangan atas penerapan kebijakan akuntansi.

Prinsip penyusunan laporan posisi keuangan terdiri dari prinsip pengakuan pendapatan dan biaya, prinsip periode akuntansi dan prinsip perbandingan. Periode akuntansi berjalan selama 1 tahun mulai dari januari sampai desember, kecuali perusahaan telah menetapkan tanggal pelaporan keuangan menurut kebijakannya.

Kapan pendapatan dicatat yaitu pada saat dimungkinkan perusahaan memperoleh tambahan manfaat ekonomis diakhir periode. Prinsip perbandingan antara pendapatan dan biaya akan dilaporkan kinerja keuangan yang menghasilkan laporan laba rugi komprehensif sesuai standar akuntansi keuangan.

Baca Juga: Cara Membuat Tabel Piutang Tak Tertagih

Pengertian Pendapatan dan Beban Menurut Para Ahli

Pengertian pendapatan menurut para ahli adalah tambahan manfaat ekonomis yang diperoleh dari kegiatan operasional perusahaan. Penghasilan akan diakui ketika adanya kemungkinan besar perusahaan memperoleh kas dan setara kas dimasa depan menyesuaikan jasa dan barang yang telah diserahkan.

Perbedaan beban dan biaya adalah pengakuan pada periode terjadinya transaksi. Biaya hanya akan digunakan di periode tersebut. Sedangkan, beban akan dipergunakan untuk beberapa periode selanjutnya. Akun pendapatan dan beban akan diakui sebagai akun nominal.

Definisi beban menurut para ahli adalah pengeluaran perusahaan untuk memperoleh penghasilan di periode berjalan. Ayat jurnal penyesuaian akan dilakukan di akhir periode terdiri dari 2 akun yaitu kelompok deferal dan kelompok akrual. Contoh akun jurnal penyesuaian perusahaan dagang sebagai berikut:

  • Beban dibayar dimuka
  • Pendapatan dibayar dimua
  • Depresiasi aktiva tetap,
  • Pendapatan yang masih akan diterima
  • Beban yang masih harus dibayar

Baca Juga: Kelompok Deferal dan Kelompok Akrual

Contoh Soal Ayat Jurnal Penyesuaian Asuransi Dibayar Dimuka dan Perlengkapan

Contoh soal ayat jurnal penyesuaian asuransi dibayar dimuka dan perlengkapan harus dilakukan karena berkaitan dengan laporan posisi keuangan yang dilaporkan akhir periode. Pendapatan akan diakui ketika adanya kemungkinan tambahan manfaat ekonomis yang didapatkan perusahaan periode tersebut.

Cara membuat jurnal penyesuaian perusahaan dagang terjadi ketika PT Kakraffi membeli premi asuransi sebesar Rp 48.900.000 untuk 2 tahun. Buatlah jurnal pembelian premi asuransi dan ayat jurnal penyesuaian asuransi dibayar dimuka dengan penggunaan selama 3 bulan.

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/08/2021Asuransi Dibayar Dimuka Rp 48.900.000
Kas di Bank Rp 48.900.000
(Jurnal Pembelian Premi Asuransi)
31/12/2021Beban Asuransi Rp 6.112.500
Asuransi Dibayar Dimuka Rp 6.112.500
(Jurnal Penyesuaian Pemakaian Asuransi)

Contoh kasus jurnal penyesuaian beban perlengkapan yang terpakai tahun berjalan terjadi ketika PT Kakraffi yang telah membeli sebanyak Rp 26.670.000. Kepala gudang memberikan laporan opname perlengkapan tersisa sebanyak Rp 11.287.000. Buatlah jurnal pembelian dan penyesuaian akhir periode.

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/08/2021Perlengkapan Kantor Rp 26.670.000
Kas Kecil Rp 26.670.000
(Jurnal Pembelian Perlengkapan Kantor
31/12/2021Beban Pemakaian Perlangkapan Rp 15.383.000
Perlengkapan Kantor Rp 15.383.000
(Jurnal Pemakaian perlengkapan Kantor)

Baca Juga: Contoh Transaksi Pembelian Barang oleh Bendaharawan Pemerintah

Demikian cara membuat jurnal penyesuaian perusahaan jasa dan dagang akuntansi pengantar. Materi akuntansi pengantar 1 terdiri dari siklus akuntansi dimulai dari bukti transaksi, jurnal umum, posting buku besar, jurnal penyesuaian, necara lajur, laporan posisi keuangan, jurnal penutup dan jurnal pembalik.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa dan Dagang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel