Cara Menghitung Harga Jual Obligasi Premium dan Diskonto

Konten [Tampil]

Contoh soal dan cara menentukan harga jual obligasi premium dan diskonto dilaporkan pada catatan atas laporan posisi keuangan untuk menghindari adanya kerugian tahun berjalan. Pengertin obligasi menurut para ahli adalah surat yang berfungsi sebagai alat menjalankan kegiatan operasional dengan harga milik orang lain.

Bagaimana cara menentukan harga jual obligasi dan bunga obligasi diperlukan untuk menentukan apakah terjadi diskonto atau premium. Nilai nominal obligasi adalah nilai yang tercantum pada surat wesel dan ditandatangani oleh pihak penerbit beserta bunga yang ditawarkan atas resiko yang ditanggung pemberi pinjaman.

Cara menghitung amortisasi obligasi diperlukan informasi tentang jangka waktu jatuh tempo, nilai nominal dan tingkat bunga pasar yang diberikan. Contoh soal rate of return terdiri dari tingkat pengembalian investasi yang dilakukan investor dan diterima diakhir periode kesepakatan.

Cara Menghitung Harga Jual Obligasi Premium dan Diskonto

Manakah Yang Lebih Menguntungkan Antara Saham dan Obligasi

Manakah yang lebih menguntungkan antara saham dan obligasi berkaitan dengan jangka waktu pengembalian dan tingkat resiko ditawarkan. Harga jual saham dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran pasar untuk mengalokasikan seluruh resiko investasi yang harus ditanggung oleh investor.

Komponen utama yang harus ada di piutang wesel dan dagang adalah informasi tentang nilai nominal, tingkat bunga efektif dan siapakah yang menjadi penerbit surat hutang. Mengapa metode bunga efektif memberikan hasil perhitungan lebih baik daripada metode garis lurus karena menggunakan konsep nilai waktu dari uang.

Tabel amortisasi diskonto obligasi metode garis lurus dan bunga efektif akan dipengaruhi nilai yang ditawarkan perusahaan. Obligasi merupakan surat hutang, bagi penerbit akan diakui sebagai liabilitas jangka panjang atau pendek bergantung pada kesepatakan awal ketika menerbitkan surat hutang tersebut.

Baca Juga: Komponen Utama Piutang Wesel dan Utang Wesel

Contoh Soal Obligasi dan Jawabannya

Contoh soal obligasi dan jawabannya dilangsungkan ketika terjadi materi akuntansi keuangan menengah. Liabilitas adalah kewajiban yang wajb diselesaikan sebelum perusahaan melakukan pembagian modal ketika akan dilakukan konsolidasi dan likuidasi pembagian saham akhir periode.

Soal dan jawaban hutang obligasi difokuskan pada pendapatan bunga yang harus dibayar setiap periodenya. Penyelesaian liabilitas dapat menggunakan kas dan aktiva lainnya, ditukarkan dengan liabilitas sejenis bahkan dijadikan sebagai tambahan modal perusahaan berupa saham biasa.

Nilai nominal obligasi adalah nilai yang tercantum pada surat wesel yang telah dikeluarkan perusahaan. Kapan timbulnya diskonto dan premi obligasi ketika terjadi penjualan tetapi tidak sesuai dengan bunga yang ditawarkan pada obligasi. Suku bunga efektif adalah bunga pasar yang berlaku pada saat penjualan.

Baca Juga: Cara Membuat Tabel Amortisasi Obligasi Premi dan Diskonto

Cara Menghitung Obligasi dengan Metode Suku Bunga Efektif

Cara menghitung obligasi dengan metode suku bunga efektif mempunyai keuntungan karena beban bunga dan pokok hutang dilunasi sesuai konsep nilai waktu dari uang. Liabilitas jangka pendek diakui pada laporan posisi keuangan ketika adanya pengeluaran sumber daya yang mengandung manfaat ekonomis.

Bagaimana cara menentukan harga jual obligasi premi dan diskonto terjadi pada PT Kakraffi yang menginvestasikan hartanya ke obligasi jangka panjang senilai Rp 80.000.000 selama 4 tahun dengan bunga 12%. Berapakah harga jual obligasi dengan metode suku bunga efektif yang berlaku sebesar 6%?

PV Nilai Nominal = Rp 80.000.000 * =(1/(1+6%)^4)
PV Nilai Nominal = Rp 63.367.493

PV Pembayaran Kupon = Rp 9.600.000 * (1-(1+6%)^-4)/6%
PV Pembayaran Kupon = Rp 33.265.014

Harga Jual Obligasi = Rp 96.632.507

Jurnal penerbitan wesel harus dicatat karena merupakan sebuah transaksi. Pengertian transaksi adalah segala aktivitas perusahaan yang mengakibatkan kas keluar dan masuk periode berjalan. Maka, berdasarkan contoh soal obligasi dan jawabannya, jurnal penerbitan saham yang dibuat adalah:

TanggalKeterangan Debit Kredit
05/08/2022Kas Rp    96.632.507
Hutang Obligasi Rp 96.632.507
(Jurnal Penerbitan Obligasi)

Baca Juga: Contoh Soal Pertukaran Aset Yang Memiliki Substansi Komersial

Demikian cara menghitung harga jual obligasi premium dan diskonto akuntansi keuangan menengah. Contoh soal utang obligasi dan jawabannya berlaku menggunakan konsep nilai waktu dari uang sebab terdapat pendapatan bunga yang harus dibayarkan dan diterima oleh lawan transaksi.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menghitung Harga Jual Obligasi Premium dan Diskonto"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel