2 Metode Penilaian Piutang Usaha dan Contoh Soal

Konten [Tampil]

Contoh soal dan metode penilaian piutang usaha dilakukan agar perusahaan dapat mengupayakan penagihan atas penjualan kredit yang dilakukan. Kelebihan dan kekurangan penjualan kredit akan didapatkan oleh perusahaan ketika sistem pengendalian internal piutang dapat berjalan.

Contoh soal analisis piutang tak tertagih berdasarkan umur piutang dapat dilaksanakan dengan metode cadangan kerugian piutang dan metode penghapusan langsung. Sistem pengendalian internal atas penerimaan piutang tentu harus mendapatkan otorisasi dari pejabat perusahaan yang berwenang.

Transaksi penghapusan piutang akan dicatat dalam jurnal cadangan kerugian piutang tak tertagih. Pemisahan tugas antara pegawai menjadi kunci internal control account recaivable karena berdampak pada pelunasan tagihan perusahaan yang tidak dapat dibayarkan pelanggan selama periode akuntansi.

Metode Penilaian Piutang Usaha dan Contoh Soal


Metode Penghapusan Piutang Tak Tertagih

Metode penghapusan piutang tak tertagih dapat diterapkan agar perusahaan mendapatkan hak kekayaan yang telah dipinjamkan kepada pelanggan. Cadangan kerugian piutang tidak diperkenankan sebagai pengurang pendapatan kena pajak kecuali untuk beberapa perusahaan seperti asuransi dan perbankan.

2 metode penghapusan piutang tak tertagih terdiri dari metode penghapusan langsung dan metode cadangan kerugian piutang. Metode penghapusan langsung akan mengakui kerugian piutang langsung didebitkan pada akun piutang usaha. Piutang diakui sebesar nilai yang dapat ditagihkan ke pelanggan.

Metode penilaian kerugian piutang harus diterapkan untuk mengantisipasi kerugian tahun berjalan. Piutang usaha timbul ketika perusahaan melaksanakan kebijakan penjualan kredit. Penjualan kredit bisa menjadikan perusahaan memperoleh penghasilan bunga atas keterlambatan pembayaran piutang pelanggan.

Baca Juga: Jurnal Retur Pembelian dan Retur Penjualan Barang Dagang

Contoh Soal Jurnal Piutang Usaha dan Jawabannya

Contoh soal jurnal piutang usaha dan jawabannya berkaitan dengan transaksi pengakuan, penilaian dan pelepasan piutang pada saat terjadinya pembayaran. Piutang usaha adalah akun yang digunakan untuk mencatat kekayaan perusahaan yang dipinjamkan kepada pihak lainnya di tahun berjalan.

Contoh soal dan jawaban jurnal piutang usaha akan dilakukan menggunakan metode penghapusan langsung. Apabila piutang diyakini tidak dapat ditagihkan oleh perusahaan. Maka, perusahaan dapat mencatat transaksi tersebut dengan debit beban kerugian piutang dan kredit piutang usaha.

Perhitungan umur piutang dapat digunakan sebagai taksiran piutang yang tidak dapat dibayarkan oleh pelanggan setelah masa jatuh tempo. Laporan laba rugi komprehensif berisikan informasi tentang aktivitas operasional perusahaan ketika menjalankan kegiatan usaha untuk memperoleh penghasilan dan beban.

Baca Juga: Contoh Rekonsiliasi Fiskal atas Cadangan Kerugian Piutang

Contoh Perhitungan Piutang Usaha dan Pembahasannya

Contoh perhitungan piutang tak tertagih dan pembahasannya harus diselenggarakan pencatatan karena berkaitan dengan analisis umur piutang atas penyisihan kerugian piutang. Pencatatan kerugian piutang  dilakukan dengan dua metode yaitu penghapusan langsung dan metode cadangan kerugian piutang.

Transaksi penghapusan piutang akan dicatat ke dalam jurnal kerugian piutang yang terjadi pada PT Masraffi. Laporan posisi keuangan menunjukkan adanya piutang usaha sebesar Rp 59.000.000; cadangan kerugian piutang sebesar Rp 1.300.000; penjualan kredit sebesar Rp 93.000.000.

Contoh soal essay dan pilihan ganda penghapusan piutang dapat diselenggarakan dengan mencatat seluruh transaksi yang terjadi diperusahaan. Prinsip matching cost again revenue akan membandingkan antara pendapatan dan biaya yang telah dikeluarkan perusahaan dalam periode terjadinya transaksi tersebut.

Jurnal penghapusan piutang usaha terjadi ketika PT Masraffi memperoleh informasi bahwa pelanggan tidak mampu membayar dan dibuktikan dengan surat putusan pengadilan sebesar Rp 9.000.000. Bagaimana jurnal transaksi kerugian piutang yang harus dibuatkan perusahaan pada akhir periode?

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/05/2021Beban Kerugian Piutang Rp 9.000.000
Piutang Usaha Rp 9.000.000

Baca Juga: Contoh Soal Essay Akuntansi untuk Piutang Dagang

Demikian contoh soal penghapusan dan penilaian piutang tak tertagih akuntansi pengantar 2 dan akuntansi keuangan menengah. Cadangan kerugian piutang tidak dapat dijadikan biaya pengurang penghasilan kena pajak sehingga perusahaan harus melaksanakan koreksi fiskal ketika ingin laporan spt tahunan badan.

Belum ada Komentar untuk "2 Metode Penilaian Piutang Usaha dan Contoh Soal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel