Contoh Soal dan Jawaban Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Cost

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban laporan keuangan konsolidasi metode cost akan berdampak pada jumlah investasi saham anak perusahaan yang dilaporkan oleh induk perusahaan. Dalam metode cost kapan laba atau rugi anak perusahaan diakui yaitu pada saat dibuatkannya neraca konsolidasi antar laporan kinerja keuangan.

Cara menyusun neraca saldo atau laporan keuangan konsolidasi metode cost dapat dilakukan agar mempermudah proses penilaian aktiva dan passiva perusahaan. Transaksi pembagian laba dan rugi serta dividen akan berdampak pada investasi yang telah dilakukan atas pembelian saham anak perusahaan oleh induk perusahaan.

Penyusunan laporan keuangan konsolidasi metode biaya atau cost method tidak akan mempengaruhi jumlah investasi sebagai akibat beroperasinya anak perusahaan. Pengertian hubungna afiliasi adalah konsep penggabungan usaha dimana salah satu pihak akan menjadi induk dan anak perusahaan karena pemilikan saham perusahaan lain.

Contoh Soal dan Jawaban Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Cost


Akuntansi Penggabungan Usaha Metode Biaya (Cost Method)

Akuntansi penggabungan usaha metode biaya adalah proses penyatuan kepentingan antar pemilik saham dengan mempertimbangkan sejumlah kekayaan yang telah disetorkan kepada anak perusahaan. Penggabungan usaha perusahaan dapat dilakukan melalui akuisisi saham, merger bahkan konsolidasi.

Akuntansi penggabungan usaha metode cost dan metode equity dapat mempertimbangkan sejumlah kebijakan akuntansi yang harus diterapkan. Pengaruh perubahan modal anak perusahaan akan berdampak pada pemilikan saham yang berakibat pada ditundanya pengakuan laporan laba rugi entitas anak.

Akuntansi penggabungan usaha metode biaya dipergunakan dalam rangka mempertimbangkan nilai investasi saham anak perusahaan. Anak perusahaan akan memperoleh hak minoritas yaitu kekayaan yang tidak dibeli oleh induk perusahaan agar memberikan kekuatan hukum atas pendirian badan usaha.

Baca Juga: Contoh Soal Laporan Likuidasi dan Realiasi Aktiva Tetap Persekutuan

Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Cost

Contoh soal laporan keuangan konsolidasi metode cost berkaitan dengan pengakuan laba rugi dan pembagian dividen. Rekening investasi saham anak perusahaan tidak akan berubahh walaupun terjadi perubahan persentase hak kontrol induk perusahaan karena adanya pembagian dividen dan laba rugi.

Contoh soal dan jawaban laporan keuangan konsolidasi metode biaya dipergunakan dalam rangka melaporkan laporan posisi keuangan gabungan diantara dua perusahaan. Pembelian saham anak perusahaan oleh induk perusahaan akan menimbulkan hak kontrol atas investasi yang telah dilakukannya.

Soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan tentang penggabungan usaha diberlakukan agar jurnal eliminasi saham anak perusahaan dapat dilakukan. Jurnal eliminasi adalah jurnal untuk mencatat pembagian modal saham, agio saham dan laba ditahan yang akan dibagikan atas investasi anak saham yang telah dilakukan.

Baca Juga: Format Laporan Keuangan Konsolidasi Perseroaan Terbatas

Cara Menyusun Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Biaya

Cara Menyusun laporan keuangan konsolidasi metode biaya akan mengakui pembagian laba rugi dan dividen pada saat induk perusahaan menyusun neraca konsolidasi dengan membuat akun laba ditahan untuk induk. Penghapusan rekening modal saham, agio saham dan laba ditahan harus didasarkan pada pemilikan saham awal periode.

Cara menyusun laporan keuangan konsolidasi metode cost akan terjadi pada firma kakraffi yang dibeli sahamnya sebesar 100 lot. Pembagian laba rugi dilaksanakan dengan membagikan laba ditahan sebesar Rp 1.300.000 dan dividen sebesar Rp 600.000. Adapun neraca konsolidasi yang dapat dibuat perusahaan adalah

Keterangan Firma Kakraffi
-- Aktiva
- Kas Rp 19.476.000
- Piutang Rp 14.607.000
- Persediaan Rp 9.738.000
- Tanah Rp 29.214.000
   Total Aktiva Rp 73.035.000
-- Passiva
- Hutang Dagang Rp 7.303.500
- Hutang Wesel Rp 14.607.000
- Modal Saham @2.100 Rp 29.214.000
- Agio Saham Rp 18.258.750
- Laba Ditahan Rp 3.651.750
   Total Passiva Rp 73.035.000

Jurnal eliminasi pembagian laba rugi dan dividen menggunakan metode cost dalam penggabungan usaha antar perusahaan menjadi dasar dalam pembuatan laporan keuangan konsolidasi. Akuisisi saham adalah proses pembelian saham perusahaan lain dalam rangka memperoleh hak kontrol perusahaan tersebut.

TanggalKeterangan Debit Kredit
02/03/2021Investasi Saham Firma Kakraffi Rp 8.400.000
Kas Rp 8.400.000
(Jurnal Investasi Saham Anak Perusahaan)
06/03/2021Investasi Saham Firma Kakraffi Rp 3.824.194
Laba CV Masraffi Rp 3.824.194
(Jurnal Pembagian Laba rugi Anak Perusahaan)
27/03/2021Kas Rp 1.725.200
Investasi Saham Firma Kakraffi Rp 1.725.200
(Jurnal Pembagian Dividen Saham Anak Perusahaan)

Baca Juga: Cara Menghitung Perubahan Modal Anak Perusahaan

Demikian contoh soal dan jawaban laporan keuangan konsolidasi metode cost atau biaya semoga akuntan dapat memahami kapan pembagian laba rugi dan dividen akan diakui oleh induk perusahaan. Induk perusahaan dapat membuat neraca konsolidasi untuk memudahkan perhitungan pajak penghasilan badan.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal dan Jawaban Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Cost"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel