Contoh Soal Revaluasi Aktiva Tetap Menurut Pajak

Konten [Tampil]

Contoh soal revaluasi aktiva tetap menurut pajak menjadi mekanisme mengubah biaya perolehan dan umur manfaat sebab adanya nilai wajar yang baru. Pertanyaan tentang revaluasi aktiva tetap dapat digunakan untuk menghitung biaya perolehan dan nilai buku agar dapat diketahui keuntungan dan kerugiannya.

Contoh perhitungan revaluasi aktiva tetap menurut pajak dapat terjadi ketika perusahaan memutuskan mengakhiri penggunaan aktiva lama. Selisih antar nilai revaluasi dan nilai buku akan dicatat sebagai surplus revaluasi aktiva tetap. Pajak penghasilan pasal 4 ayat 2 akan mengenakan tarif sebesar 10% apabila perusahaan melakukan revaluasi.

Contoh soal dan jawaban revaluasi aktiva tetap dan jurnalnya dapat mempermudah perusahaan ketika menyetorkan pajak penghasilan final. Laporan keuangan harus menjelaskan penyimpangan dari prinsip biaya perolehan dan umur manfaat yang telah terjadi di perusahaan. Bagi perusahaan yang memiliki akuntabilitas publik harus menyusun laporan keuangan berdasarkan PSAK / IFRS.

Contoh Soal Revaluasi Aktiva Tetap Menurut Pajak


Pengertian Revaluasi Aktiva Tetap Menurut Para Ahli

Pengertian revaluasi aktiva tetap menurut para ahli adalah proses mengubah biaya perolehan aset tetap lama menjadi nilai wajar periode tersebut. Pada dasarnya proses revaluasi aktiva tetap tidak diperkenankan untuk dilakukan karena akan mempengaruhi biaya perolehan dan pajak penghasilan yang harus disetorkan kepada negara.

Revaluasi aktiva tetap menurut para ahli adalah tindakan perusahaan menyesuaikan nilai buku agar dapat sesuai dengan nilai wajar pada periode transaksi. Nilai wajar adalah harga yang dapat diterima oleh pihak pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi. Perusahaan dapat menggunakan metode biaya pengganti yang telah disusutkan.

Pengertian revaluasi aktiva tetap menurut para ahli dapat memperlakukan akumulasi penyusutan untuk dihapuskan secara proporsional atau dieliminasi. Setiap proses revaluasi aset tetap akan terutang pajak penghasilan yang harus disetorkan maksimal tanggal 10 bulan berikutnya.

Baca Juga: Metode Penyusutan Yang Diperkenankan Dalam Perpajakan

Contoh Soal Revaluasi Aktiva Tetap dan Jawabannya

Contoh soal revaluasi aktiva tetap dan jawabannya menjadi pilihan bagi perusahaan untuk menyesuaikan nilai aset tetap berdasarkan nilai wajar. Perusahaan tidak perlu melakukan revaluasi setiap periodenya tetapi bergantung pergerakan nilai wajar dari aktiva tersebut.

Contoh soal revaluasi aktiva tetap menurut pajak menjadikan perusahaan harus membayar pajak penghasilan. Kenapa revaluasi dikenakan pajak? sebab perusahaan dianggap melakukan jualbeli aktiva tetap baru sehingga dikenakan pajak pertambahan nilai yang dianggap sebagai pajak penghasilan.

Contoh soal revaluasi dan jawabannya dapat dilakukannya koreksi fiskal positif yang mengakibatkan laba fiskal bertambah. PT Kakraffi memiliki mobil dengan nilai buku Rp 62.500.000 dengan biaya perolehan Rp 87.500.000. Apabila perusahaan melakukan revaluasi dengan nilai wajar sebesar Rp 65.000.000. Berapakah suplus revaluasi aktiva tetapnya?

Baca Juga: Cara Perhitungan Aktiva Tetap Yang Dibeli Paket

Contoh Perhitungan Revaluasi Aktiva Tetap

Contoh perhitungan revaluasi aktiva tetap akan memperkirakan jumlah nilai buku dan nilai wajar periode tersebut. Nilai wajar adalah harga jual aktiva sejenis di pasar. Perusahaan akan dikenakan pph pasal 4 ayat 2 dengan tarif 10% ketika melakukan revaluasi dan harus dilakukannya koreksi fiskal positif.

Cara menghitung revaluasi aktiva tetap dapat dilakukan dengan membandingkan nilai buku dan nilai wajar. Apabila nilai wajar revaluasi lebih tinggi daripada nilai buku maka perusahaan akan memperoleh surplus revaluasi aktiva tetap. Maka jurnal revaluasi aktiva tetap yang dibuat adalah:

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2021Akumulasi Penyusutan Rp 25.000.000
Mobil Baru Rp 65.000.000
Mobil Lama Rp 87.500.000
Suplus revaluasi Rp 2.500.000
Beban Pajak Penghasilan Rp 250.000
Hutang PPH Pasal 4 Ayat 2 Rp 250.000

Maka perusahaan harus menyetorkan hutang pph pasal 4 ayat 2 paling lambat tanggal 15 bulan berikutnya sebab perusahaan memotong sendiri pajak penghasilannya. Keuntungan revaluasi aktiva tetap akan menambah jumlah laba fiskal sehingga harus dilakukannya koreksi fiskal positif.

Baca Juga: Contoh Soal Aktiva Tetap Dibangun Sendiri

Demikian contoh soal revaluasi aktiva tetap menurut pajak dan jawabannya semoga dapat membantu proses identifikasi aset tetap yang diperlukan perusahaan.


Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Revaluasi Aktiva Tetap Menurut Pajak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel