Contoh Soal Kas Kecil Metode Imprest dan Fluktuatif

Konten [Tampil]

Contoh soal kas kecil metode imprest dan fluktuatif menjadi langkah yang dipergunakan perusahaan untuk membayar tagihan dalam jumlah kecil. Kas kecil (patty cash) adalah uang yang dipergunakan untuk membayar biaya yang memiliki nominal kecil dan dapat dilaksanakan secara tunai di perusahaan.

Contoh soal pilihan ganda kas kecil dan jawabannya biasanya berkaitan dengan pengertian, sistem dan metode yang digunakan mengelola kas kecil. Laporan dana kas kecil akan diperlukan dalam rangka menjaga sistem informasi akuntansi mulai dari penetapan dana, pembayaran tagihan dan pengisian kembali kas kecil.

Contoh soal dan jawaban mengelola dana kas kecil dapat mempergunakan metode fluktuatif atau metode imprest. Kebijakan akuntansi perusahaan harus dapat dipergunakan dalam rangka mencegah adanya risiko pengendalian internal di perusahaan. Fungsi kas kecil adalah untuk membayar tagihan yang memiliki nilai nominal besar atau dilaksanakan secara tunai.

Contoh Soal Kas Kecil Metode Imprest dan Fluktuatif


Pengertian Kas Kecil Menurut Para Ahli

Pengertian kas kecil menurut para ahli adalah uang yang dipergunakan untuk membayar tagihan tunai dan nominalnya kecil. Sistem pengendalian internal pengeluaran kas akan menggunakan check sebagai metode pembayaran. Apabila perusahaan menggunakan check untuk membayar tagihan bernominal kecil maka akan menambah beban administrasi bank.

Pengertian kas kecil menurut para ahli dimulai dari menetapkan jumlah kas kecil, melakukan pembayaran dan pengisian kembali pada akhir periode. Perusahaan sebaiknya membentuk kas kecil dalam rangka mempermudah untuk pembelian peralatan kantor atau keperluan lainnya yang memerlukan pembayaran tunai.

Kas kecil menurut para ahli adalah harta perusahaan yang memiliki sifat likuid sebagai metode pembayaran. Pembentukan dana kas dapat dilakukan dengan menarik uang menggunakan check yang diserahkan agar perusahaan dapat membentuk dana kas sebagai metode pembayaran tunai.

Baca Juga: Sistem Pengendalian Internal Kas dan Setara Kas

Metode Pencatatan Kas Kecil

Metode pencatatan kas kecil terdiri dari metode imprest dan metode fluktuatif. Masing-masing metode memiliki kelebihan dan kekurangan dalam rangka pengelolaan dana kas. Perusahaan dapat mengalami bank overdraft yaitu suatu kondisi perusahaan menarik cek yang melebihi jumlah uang yang dimiliki di bank.

Metode pencatatan kas kecil diperlukan agar perusahaan dapat membayar beban yang akan jatuh tempo. Perusahaan harus menjaga agar kas tidak terlalu banyak yang menjadikan kas tidak menghasilkan manfaat. Kas yang terlalu sedikit akan mengganggu kegiatan operasional perusahaan. Adapun metode pengelolaan dana kas kecil sebagai berikut.

Metode Imprest (Imprest Fund)

Metode imprest adalah cara yang digunakan perusahaan agar jumlah kas selama satu periode tetap sama. Sistem pengendalian internal kas yang baik adalah menggunakan imprest fund. Sebab perusahaan harus mengisi kas sesuai dengan jumlah yang dipergunakan pada periode tersebut.

Metode Fluktuatif (Fluktuatif Fund)

Metode fluktuatif adalah cara yang digunakan perusahaan dengan mengisi kembali kas sesuai dengan kas yang telah ditetapkan. Resiko bawaan adalah resiko yang dialami perusahaan berkaitan dengan akun laporan keuangan. Kas menjadi aktiva perusahaan yang likuid sehingga banyak orang yang ingin memperolehnya seperti dicuri oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Baca Juga: Contoh Soal Rekonsiliasi Bank

Contoh Soal Kas Kecil Metode Fluktuatif

Contoh soal kas kecil metode fluktuatif akan menganggap perusahaan telah menganggarkan dana untuk memenuhi dana pembayaran jangka pendek. Pengeluaran kas dalam jumlah kecil tidak dimungkinkan menggunakan cek yang dapat menyebabkan beban administrasi bank semakin tinggi.

Contoh soal dan jawaban metode fluktuatif dalam mengelola dana kas kecil terjadi pada PT Kakraffi yang menetapkan jumlah dana sebesar Rp 8.230.000. Pada periode 2021, perusahaan membayar tagihan air dan telepon sebesar Rp 790.000, tagihan peralatan kantor Rp 2.160.000. Buatlah jurnal pengisian kembali kas kecil?

Jurnal Mencatat Pembentukan Dana Kas Kecil

Jurnal mencatat pembentukan dana kas kecil harus dilakukan sebab perusahaan telah mencairkan cek dalam rangka mengisi kas diperusahaan. Adapun transaksi pengisian dana kas kecil dicatat sebagai berikut.

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/12/2020Kas Kecil Rp 8.230.000
Kas Bank Mandiri Rp 8.230.000

Jurnal Mencatat Pengisian Kembali Kas Kecil

Jurnal mencatat pengisian kembali kas kecil harus mempertanggungjawabkan seluruh biaya yang dikeluarkan perusahaan. Pengisian kembali dana kas dapat menetapkan kenaikan agar menyesuaikan transaksi di perusahaan. 

Adapun jurnal pengisian kembali kas kecil metode fluktuatif yang dicatat perusahaan sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2020Beban Air Telepon Rp 790.000
Peralatan Kantor Rp 2.160.000
Kas Kecil Rp 2.950.000
31/12/2020Kas Kecil Rp 8.230.000
Kas Bank Mandiri Rp 8.230.000

Baca Juga: Contoh Soal Revaluasi Aktiva Tetap Menurut Pajak

Demikian contoh soal kas kecil metode imprest dan fluktuatif semoga dapat membantu mengelola dana kas dan menjawab pertanyaan pilihan ganda yang dilakukan pada materi administrasi perkantoran.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Kas Kecil Metode Imprest dan Fluktuatif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel