Contoh Soal Aktiva Tetap Dibangun Sendiri

Konten [Tampil]

Contoh soal aktiva tetap dibangun sendiri menjadikan perusahaan memperoleh biaya perolehan lebih murah daripada membelinya di pasar. Elemen-elemen yang membentuk harga perolehan aktiva tetap tentunya adalah seluruh biaya yang digunakan dalam rangka menyiapkan aktiva sampai digunakannya.

Cara menghitung harga perolehan aktiva tetap dapat terjadi ketika pembelian secara satu paket atau aktiva tetap dibangun sendiri. Pertanyaan tentang aktiva tetap dapat berupa pilihan ganda dan soal essay dalam rangka melakukan penyusutan atau alokasi biaya perolehan selama umur manfaat aktiva tetap.

Contoh soal aktiva tetap yang diperoleh dengan membangun sendiri tidak boleh mengakui selisih biaya perolehan dengan harga pasar. Pembelian beberapa aktiva tetap secara bersamaan disebut pembelian lump-sum. Perusahaan dapat melakukan perhitungan berdasarkan presentase biaya perolehan aktiva tetap.

Contoh Soal Aktiva Tetap Dibangun Sendiri


Elemen-Elemen Yang Membentuk Harga Perolehan Aktiva Tetap

Elemen-elemen yang membentuk harga perolehan aktiva tetap harus dilakukan agar perusahaan dapat mengalokasikan biaya perolehan sesuai umur manfaatnya. Asersi manajemen yang dipergunakan adalah konsistensi dalam depresiasi dan pengungkapan nilai aktiva tetap sesuai aturan standar akuntansi keuangan yang berlaku.

Elemen-elemen yang membentuk harga perolehan aset tetap terdiri dari kas yang dibayarkan pada transaksi agar aktiva tetap siap dipergunakan. Apabila aktiva tetap diperoleh dengan pertukaran, maka nilai tukar menjadi dasar dalam mempertimbangkan penyerahan aktiva tetap tersebut.

Pertanyaan tentang aktiva tetap dapat berupa penentuan biaya perolehan yang harus diakui perusahaan. Biaya perolehan tanah berasal dari harga beli tanah, biaya balik nama, biaya komisi dan biaya bphtp atas pembelian tanah tersebut. Perbaikan tanah tidak diperbolehkan diakui sebagai biaya perolehan seperti biaya pembuatan jalan masuk atau biaya pembuatan pagar perusahaan.

Baca Juga: Cara Menghitung Nilai Buku Aktiva Tetap

Contoh Soal Aktiva Tetap Diperoleh Dengan Membuat Sendiri

Contoh soal aktiva tetap diperoleh dengan membuat sendiri dapat terjadi ketika perusahaan mengakui adanya biaya aset tetap yang diperoleh dengan melakukan riset dan pengembangan. Aktiva tetap dibangun sendiri adalah harta perusahaan yang dibangun dengan material dan tenaga kerja agar dapat menjadi aktiva yang siap digunakan.

Contoh soal dan jawaban aktiva tetap diperoleh dengan membuat sendiri akan berasal dari harga material dan tenaga kerja serta biaya overhead pabrik. Apabila aktiva tetap yang dibangun sendiri memiliki harga lebih murah daripada harga pasar maka perusahaan tidak diperkenankan mengakui keuntungan tersebut.

Contoh soal aktiva tetap diperoleh dengan membuat sendiri terjadi ketika PT Kakraffi membangun gedung dalam rangka memperluas kegiatan produksi. Apabila harga beli gedung dipasar sebesar Rp 6.000.000 dan perusahaan mampu membuat sendiri dengan harga Rp 5.790.000. Buatlah jurnal mencatat aktiva tetap diperusahaan.

Baca Juga: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Besarnya Penyusutan

Cara Menghitung Harga Perolehan Aktiva Tetap

Cara menghitung harga perolehan aktiva tetap dapat menjadi hak perusahaan dalam mengakui adanya depresiasi setiap bulannya. Depresiasi akan dimulai ketika aset tetap siap dipergunakan walaupun secara fisik tidak dipergunakan untuk kegiatan produksi. Pengalokasian biaya perolehan akan menandingkan pendapatan dan beban pada periode yang sama.

Contoh perhitungan biaya perolehan aktiva tetap dapat berguna agar perusahaan mengalokasikan secara tepat pada laporan posisi keuangan. Nilai residu adalah nilai yang diharapkan perusahaan dari penjualan aktiva tetap pada akhir periode penggunaan. Nilai residu dalam perpajakan tidak diakui sehingga harus dilakukannya koreksi fiskal.

Cara menghitung harga perolehan aktiva tetap dibangun sendiri adalah mempertimbangkan seluruh biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan biaya overhead pabrik untuk membuat aktiva tetap. Prinsip akuntansi berterima umum tidak memperkenankan perusahaan mengakui keuntungan yang tidak pasti seperti selisih harga perolehan yang dibuat sendiri dengan nilai pasar.

Jurnal mencatat perolehan aset tetap dibangun sendiri harus dibuat perusahaan sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/04/2002Beban Tenaga Kerja Rp 1.737.000
Beban Bahan Baku Rp 2.895.000
Beban Overhead Pabrik Rp 1.158.000
Kas Rp 5.790.000
Aktiva Tetap Rp 5.790.000
Beban Tenaga Kerja Rp 1.737.000
Beban Bahan Baku Rp 2.895.000
Beban Overhead Pabrik Rp 1.158.000

Baca Juga: Contoh Soal Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun

Demikian contoh soal aktiva tetap dibangun sendiri semoga dapat memperhitungkan harga perolehan aset tetap yang dibuat perusahaan tanpa harus membelinya di pasar.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Aktiva Tetap Dibangun Sendiri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel