Contoh Soal Audit Kas dan Setara Kas Beserta Penyelesaiannya

Konten [Tampil]

Contoh soal audit kas dan setara kas beserta penyelesaiannya akan memberikan kemudahan akuntan publik menentukan tujuan pemeriksaan dan prosedur pemeriksaan. Kertas kerja pemeriksaan kas dan setara kas dibutuhkan untuk proses dokumentasi prosedur audit yang telah dilakukan oleh asisten.

Contoh soal dan jawaban audit kas dan setara kas menjadi tujuan dari perusahaan untuk menentukan kewajaran laporan posisi keuangan dan laporan laba rugi. Studi kasus kas dan setara kas dapat digunakan untuk menghindari dari adanya manajemen laba dan windows dressing yang dilakukan perusahaan.

Pertanyaan kas dan setara kas dapat dihubungkan dengan top schedule dan supporting schedule. Contoh kasus audit dan penyelesaiannya selalu berhubungan dengan akun-akun laporan keuangan. Jurnal audit kas dan setara kas diberikan ketika auditor menilai adanya salah saji material karena adanya manipulasi data keuangan.

Contoh Soal Audit Kas dan Setara Kas Beserta Penyelesaiannya


Contoh Kasus Audit Kas dan Penyelesaiannya

Contoh kasus audit kas dan penyelesaiannya dapat berkaitan dengan proses rekonsiliasi bank atau pemeriksaan terhadap penerimaan dan pengeluaran kas oleh perusahaan. Praktikum audit kas dan setara kas berhubungan dengan prosedur audit yang harus dilalui terutama menentukan tingkat materialitas perusahaan.

Contoh kasus audit kas dan setara kas dan penyelesaiannya tentunya berhubungan dengan prosedur audit yang akan dilakukan. Audit program akan menentukan audit objective dan audit procedure. Tujuan pemeriksaan kas dan setara kas adalah membuktikan apakah transaksi yang berhubungan dengan kas telah

  1. Terjadi
  2. Didukung bukti yang valid
  3. Dicatat sesuai periode yang tepat.
  4. Dicatat sesuai dengan kategori yang tepat
  5. Adanya valuta asing yang tidak sesuai dengan mata uang utama dalam laporan keuangan.

Contoh kasus audit kas dan penyelesaiannya menjadi pemeriksaan dengan risiko bawaan paling tinggi. Adanya kemungkinan kecurangan dan penyelewengan terjadi ketika pengendalian internal perusahaan tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Baca Juga: Contoh Soal Audit Persediaan Barang Dagang

Contoh Soal dan Jawaban Audit Kas dan Setara Kas

Contoh soal dan jawaban audit kas dan setara kas menjadi pilihan bagi mata kuliah praktikum auditing. Perhitungan audit atau audit adjustment diperlukan terutama ketika auditor menemukan adanya salah saji material yang mempengaruhi pengambilan keputusan dari pengguna laporan keuangan.

Contoh soal dan jawaban audit kas dan setara kas terjadi ketika PT Kakraffi yang melakukan pembelian barang dagang sebesar Rp 7.600.000 dengan term of payment sebesar 2/10, n/30 tertanggal 3 Juli 2020. Adapun jurnal yang dibuat klien sebagai berikut ini.

TanggalKeteranganDebitKredit
03/07/2020PersediaanRp7.600.000
Hutang DagangRp7.600.000
13/07/2020Hutang DagangRp7.600.000
Kas di BankRp7.600.000

Contoh soal dan jawaban audit kas dan setara kas akan menemukan pemeriksaan tentang pos laporan keuangan. Kasus pemeriksaan kas dan setara kas diatas tentunya klien akan salah melakukan jurnal sebab masih berada pada masa diskon yang diberikan oleh supplier. Nah, Bagaimana cara membuat jurnal audit adjustment berdasarkan transaksi tersebut?

Baca Juga: Contoh Soal Audit Piutang Dagang dan Piutang Lainnya

Jurnal Pemeriksaan Kas dan Setara Kas

Jurnal pemeriksaan kas dan setara kas akan diberikan oleh auditor kepada klien ketika menemukan adanya salah saji material. Praktikum audit kas dan setara kas akan berhubungan dengan proses penerimaan dan pengeluaran kas dari perusahaan sebagai pendapatan dan beban yang harus dikeluarkan.

Jurnal pemeriksaan kas dan setara kas harus menyesuaikan transaksi yang sebenarnya dicatat oleh manajemen perusahaan dan auditor. Adapun perbandingan jurnal yang dibuat oleh auditor dengan klien sebagai berikut

KlienAuditor
TanggalKeteranganDebitKreditKeteranganDebitKredit
03/07/2020PersediaanRp7.600.000PersediaanRp7.600.000
Hutang DagangRp7.600.000 Hutang DagangRp7.600.000
13/07/2020Hutang DagangRp7.600.000Hutang DagangRp7.600.000
Kas di BankRp7.600.000 Diskon PembelianRp152.000
KasRp7.448.000

Agar dapat sesuai dengan transaksi yang sesungguhnya terjadi di perusahaan. Auditor menyarankan membuat audit adjustment pada periode tersebut. Jurnal penyesuaian yang harus dibuat berdasarkan kasus pemeriksaan saldo kas teller yakni.

TanggalKeteranganDebitKredit
13/07/2020Kas DibankRp152.000
Diskon PembelianRp152.000

Baca Juga: Jenis-Jenis Risiko Audit dan Contohnya

Demikian contoh soal audit kas dan setara kas beserta penyelesaiannya semoga mampu memberikan pemahaman tentang bagaimana cara membuat jurnal pemeriksaan kas dan setara kas ya.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Audit Kas dan Setara Kas Beserta Penyelesaiannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel