Pengertian dan Karakteristik Sistem Perhitungan Biaya Berdasarkan Proses

Konten [Tampil]
Tahapan yang diperlukan dalam menentukan biaya pesanan terutama yang berkaitan dengan kegiatan massal perusahaan yaitu sistem perhitungan biaya proses. Sistem ini sering dipergunakan pada perusahaan yang melakukan kegiatan produksi secara terus menerus walaupun tidak menerima pesanan.

Apa yang dimaksud dengan biaya berdasarkan proses? tentunya hal ini merupakan pertanyaan diskusi mendasar mengenai alokasi biaya yang terdapat diperusahaan ya. Biaya berdasarkan proses mempunyai karakteristik yang membedakan dengan biaya berdasarkan pesanan.

Pengertian dan Karakteristik Sistem Perhitungan Biaya Berdasarkan Proses

Pengertian dan Karakteristik Sistem Perhitungan Biaya Berdasarkan Proses

Pengertian Sistem Perhitungan Biaya Berdasarkan Proses

Pengertian sistem perhitungan biaya berdasarkan proses merupakan sebuah sistem yang membebankan biaya yang terjadi ketika proses pembuatan barang berdasarkan bagian dalam perusahaan yang terlibat yaitu departemen. Karateristik sistem ini akan memberikan perhitungan biaya yang dihasilkan berdasarkan proses produksi perdepartemen baik produk jadi atau produk setengah jadi.

Sistem perhitungan biaya berdasarkan proses sering disebut dengan istilah Proses Costing. Proses costing berarti semua biaya yang berkaitan dengan barang produksi akan dihitung berdasarkan siapa yang memproses barang menjadi produk jadi.

Karakteristik Sistem Perhitungan Biaya Berdasarkan Proses

Perbedaan sistem perhitungan biaya berdasarkan proses dan berdasarkan biaya akan terjadi ketika pembebanan yang berbeda ketika melakukan proses produksi. Oleh karena itu, setiap sistem dalam perhitungan biaya akan memiliki karakteristik yang berbeda ya.

Adapun ciri-ciri atau karatersitik sistem perhitungan biaya berdasarkan proses atau Proses Costing sebagai berikut ini.
  1. Proses Produksi bersifat berkelanjutan atau massal
  2. Perhitungan total biaya dilakukan pada akhir periode
  3. Biaya akan diakumulasikan per departeman yang melaksanakan proses produksi hingga produk jadi.
  4. Laporan biaya produksi akan dibuat pada setiap departemen sehingga depatteman akan mempertanggungjawabkan semua biaya yang telah terjadi.
Demikianlah pengertian dan karakteristik sistem perhitungan biaya berdasarkan proses, apabila anda memiliki pertanyaan mengenai akuntansi biaya terutama dalam materi sistem perhitungan biaya dapat menghubungi kami ya.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan Karakteristik Sistem Perhitungan Biaya Berdasarkan Proses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel