Apa itu Laporan Biaya Pokok Produksi dan Contohnya

Konten [Tampil]
Laporan biaya pokok produksi akan memberikan anda sebuah informasi yang akan mempermudah dalam mengalokasikan berbagai macam biaya yang terkandung dalam barang yang akan di produksi.

Cara menyusun laporan biaya produksi perusahaan manufaktur haruslah menjadi laporan pertanggungjawaban atas semua biaya yang telah dikeluarkan oleh perusahaan. Dalam laporan biaya produksi akan memuat informasi mengenai skedul kuantitas dan pembebanan biaya serta pertanggungjawabannya ya.

Apa itu Laporan Biaya Pokok Produksi dan Contohnya

Apa itu Laporan Biaya Pokok Produksi.

Pengertian laporan biaya pokok produksi perusahaan manufaktur merupakan suatu analisis terhadap semua departemen yang terlibat dalam pembebanan biaya yang telah dikeluarkan untuk membuat produk jadi.

Laporan pokok produksi adalah pertanggungjawaban jumlah unit yang diproses, akumulasi biaya produk dan perincian selama kegiatan proses produksi barang jadi.

Informasi dalam Laporan Biaya Pokok Produksi.

Laporan biaya pokok produksi akan memuat berbagai macam informasi penting bagi perusahaan terutama dalam pertanggungjawaban dana perusahaan. Adapun informasi yang tercantum dalam laporan biaya pokok produksi yaitu.
  • Skedul Kuantitas
Laporan biaya pokok produksi akan memuat informasi mengenai skedul produksi yang memberikan informasi mengenai total biaya bahan , biaya tenaga kerja langsung bahkan biaya overhead pabrik yang menjadi tanggungan setiap produk yang dibuat perusahaan.
  • Pembebanan Biaya
Laporan biaya pokok produksi akuntansi biaya akan membebankan semua biaya yang telah terjadi ke beberapa departeman yang mengerjakan produk tersebut. Apabila perusahaan terdiri lebih dari satu departemen maka akan dibebankan per departemen yang terlibat.
  • Pertanggungjawaban Biaya
Pertanggungjawaban biaya dalam laporan biaya pokok produksi memuat informasi biaya pokok produksi yang diserap dalam produk jadi yang dibebankan selama satu periode.

Cara Menyusun Laporan Biaya Pokok Produksi

Cara menyusun laporan biaya pokok produksi dalam mengerjakan akuntansi biaya yang terlibat harus mengutamakan berapa jumlah departemen yang termuat dalam proses produksi, semakin panjang alur produk menyebabkan adanya kemungkinan barang hilang selama proses produksi.

Agar dapat menyusun laporan biaya pokok produksi anda harus meminta informasi mengenai berapa produk yang dihasilkan departeman dan berapakah yang ditransferkan ke departemen selanjutnya serta informasi mengenai biaya yang telah terjadi pada departemen tersebut.

Selanjutnya anda harus membagi semua biaya yang telah terjadi ke beberapa produk yang telah disajikan, seperti ketika biaya produksi Rp 10.000 dan menghasilkan barang 1000 maka biaya perunit adalah Rp 10.

Kemudian, anda dapat menggabungkan semua biaya yang telah terjadi lengkap dengan jumlah produk yang dihasilkan sehingga akan membuat laporan biaya pokok produksi yang tercipta ya.

Demikianlah pengertian laporan biaya produksi dan cara menyusun laporan biaya produksi semoga anda paham ya

Belum ada Komentar untuk "Apa itu Laporan Biaya Pokok Produksi dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel