Langkah-Langkah Menyusun Laporan Rekonsiliasi Pendapatan dan Bagi Hasil di Perbankan

Langkah-langkah menyusun laporan rekonsiliasi pendapatan dan bagi hasil di perbankan syariah menjadi tugas utama selain perusahaan membuat laporan sum

Konten [Tampil]

Langkah-langkah menyusun laporan rekonsiliasi pendapatan dan bagi hasil di perbankan syariah menjadi tugas utama selain perusahaan membuat laporan sumber dana kebajikan dan laporan sumber penyaluran dana zakat. Bank syariah wajib menjalankan transaksi keuangan yang didasarkan pada kesepakatan diawal transaksi.

Laporan keuangan konsolidasi induk perusahaan dan anak perusahaan bertujuan agar setiap entitas dapat melaporkan kinerja keuangan selama satu tahun. Pemegang saham adalah pihak yang memiliki kapasitas merubah kebijakan keuangan dan arah tujuan entitas agar dapat memaksimalkan keuntungan tertentu.

Cara membuat laporan rekonsiliasi pendapatan dan bagi hasil diterapkan atas dasar pengerjaan sistem informasi akuntansi. Keseluruhan transaksi keuangan dapat diciptakan untuk memudahkan proses pengalokasikan kebijakan keuangan terutama pengiriman barang dan penagihan invoice yang jatuh tempo.

Langkah-Langkah Menyusun Laporan Rekonsiliasi Pendapatan dan Bagi Hasil di Perbankan

Unsur-Unsur Laporan Keuangan Syariah

Unsur-unsur laporan keuangan syariah merupakan bagian dari informasi yang diperlukan agar proses pembayaran tagihan disesuaikan kebutuan arus kas. Kas menjadi faktor terpenting bagi perusahaan agar transaksi hutang piutang, pembelian dan penjualan serta pengiriman barang dapat diselenggarakan secara wajar.

Langkah-langkah menyusun laporan rekonsiliasi pendapatan dan bagi hasil di perbankan diperuntukkan bagi kesejahteraan para karyawan. Pemakai laporan keuangan harus dapat mengidentifikasi kecurangan dan pemakaian dana agar dapat meneruskan menambahkan investasi atau mengurangi total kekayaannya.

Unsur-unsur laporan keuangan syariah terdiri dari penerimaan dana dari aktivitas operasinal dan sumbangan nasabah. Sumbangan nasabah diperuntukkan agar dapat menjalankan kewajiban keagamaan dan dapat mengurangi pembayaran pajak terutang ketika mau menyelenggarakan kewajiban perpajakannya.

Baca Juga:

Apa Tujuan Dilakukannya Rekonsiliasi di Perbankan Syariah

Tujuan dilakukannya rekonsiliasi di perbankan syariah adalah memaksimalkan potensi kecurangan yang dilakukan staff dan karyawan perusahaan untuk meningkatkan omzet perusahaan. Kapan diselenggarakan pencatatan rekonsiliasi bank yaitu pada awal bulan setelah entitas mendapatkan rekening koran.

Langkah-langkah menyusun laporan rekonsiliasi pendapatan dan bagi hasil di perbankan perlu menghindari adanya penurunan performa perusahaan. Kinerja keuangan didasarkan pada peluang entitas mendapatkan imbal balik atas investasi yang dilakukannya terutama pada produk-produk investasi bank syariah.

Tujuan diselenggarakannya rekonsiliasi bank setiap bulan adalah menurunkan kadar kesalahan pencatatan yang dilakukan karyawan. Produktivitas karyawan akan meningkatan segera setelah mendapatkan upah dan tunjangan sesuai dengan kinerja yang diberikan kepada perusahaannya.

Baca Juga: Contoh Soal Akuntansi Sewa Guna Usaha dan Jawabannya

Contoh Soal Laporan Rekonsiliasi Pendapatan dan Bagi Hasil di Bank Syariah Indonesia

Contoh soal laporan rekonsiliasi pendapatan dan bagi hasil di bank syariah indonesia harus menerapkan akad bisnis syariah. Syariah artinya segala macam transaksi harus didasarkan pada sunnah dan alquran. Pelaksanaan pemberian bunga atau riba dilarang sehingga entitas dapat menerapkan prinsip bagi hasil.

Perhitungan pembiayaan mudharabah perlu menghindari adanya kerugian yang mengakibatkan setoran uang nasabah berkurang. Apabila terjadi kerugian di dalam akad mudharabah pihak manakah yang akan menanggung kerugian tersebut adalah pengelola yang disesuaikan dengan perjanjian kerjasama berbisnisnya.

Laporan sumber dan penyaluran dana zakat adalah informasi perihal uang zakat yang disetorkan para nasabah untuk dibagikan kepada yang berhak. Bank syariah ditunjuk sebagai badan amil zakat yang memudahkan para wajib pajak membayarkan sumbangan keagamaan sesuai yang berlaku. Adapun informasi mengenai kinerja keuangan selama 2 tahun adalah

NoPiutang31 Desember31 Desember 2023
1Margin murabahah25,00 Miliar15,00 Miliar
2Margin salam40,00 Miliar2,00 Miliar
3Margin istishna72,00 Miliar6,00 Miliar
4Pandapatan sewa19,00 Miliar64,00 Miliar
5Bagi hasil pembiayaan mudharabah98,00 Miliar5,00 Miliar
6Bagi hasil pembiayaan musyarakah72,00 Miliar50,00 Miliar

Adapun informasi mengenai pembiayaan mudharabah, musyarakah dan murabahah yang dilakukan bank syariah mendapatkan pendapatan operasional sebesar Rp 80 miliar. Adapun rincian pembiayaan sebagai berikut

Margin murabahah126,00 Miliar
Margin salam31,50 Miliar
Margin istishna49,50 Miliar
Pendapatan sewa121,50 Miliar
Bagi hasil pembiayaan mudharabah25,50 Miliar
Bagi hasil pembiayaan musyarakah138,00 Miliar

Baca Juga: Cara Download Laporan Keuangan Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Cara Menyusun Laporan Rekonsiliasi Pendapatan dan Bagi Hasil

Bank Syariah
Laporan Rekonsiliasi Pendapatan dan Bagi Hasil
Periode yang berakhir 1 januari 2023
Pendapatan usaha utama (akrual)80,00 Miliar
Pengurang
Pendapatan periode berjalan yang kas dan setara kas belum diterima
1. pendapatan margin murabaha126,00 Miliar
2. Pendapatan margin salam31,50 Miliar
3. Pendapatan istishna49,50 Miliar
4. Hak bagi hasil
- Pembiayaan mudharabah25,50 Miliar
- Pembiayaan musyarakah138,00 Miliar
5. Pendapatan sewa121,50 Miliar
Jumlah pengurang492,00 Miliar
Penambah
Pendapatan periode sebelumnya yang kasnya diterima
1. pendapatan margin murabaha136,00 Miliar
2. Pendapatan margin salam69,50 Miliar
3. Pendapatan istishna115,50 Miliar
4. Hak bagi hasil
- Pembiayaan mudharabah118,50 Miliar
- Pembiayaan musyarakah160,00 Miliar
5. Pendapatan sewa76,50 Miliar
Jumlah penambah676,00 Miliar
Pendapatan tersedia untuk bagi hasil264,00 Miliar

Baca Juga: Apa itu Nisbah dalam Akuntansi Syariah

Demikian langkah-langkah menyusun laporan rekonsiliasi pendapatan dan bagi hasil di perbankan syariah yang dapat digunakan untuk keperluan berbisnis. Setiap perusahaan harus menciptakan pola informasi yang dibutuhkan para manajer dan direktur untuk mempermudah prosedur penerimaan kas.

Belum ada Komentar untuk "Langkah-Langkah Menyusun Laporan Rekonsiliasi Pendapatan dan Bagi Hasil di Perbankan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel