Contoh Soal Akuntansi Sewa Guna Usaha dan Jawabannya

Contoh soal akuntansi sewa guna usaha dan jawabannya adalah tindakan perusahaan mengurangi biaya pembelian aktiva tetap. Operating lease, finance leas

Konten [Tampil]

Contoh soal akuntansi sewa guna usaha dan jawabannya adalah tindakan perusahaan mengurangi biaya pembelian aktiva tetap. Operating lease, finance lease dan capital lease dapat dipergunakan agar entitas tidak perlu membeli mesin tetapi menyewanya untuk jangka beberapa tahun dan menyesuaikan budgetnya.

Contoh soal operating lease dan finance lease dalam akuntansi keuangan menengah bertujuan agar setiap perusahaan dapat melakukan analisis terhadap pemakaian aktiva tetap. Apa perbedaan lessee dan lessor terletak pada kemampuan perusahaan saat menjalankan kontrak kerjasama bisnis yang diperuntukkannya.

Resiko yang dihadapi para pihak dalam leasing harus dimengerti untuk menghindari kerugian. Apa yang dimaksud sewa guna usaha dengan hak opsi adalah penyewaan aktiva tetap dimana pihak penyewa diberikan kebebasan untuk membeli aktiva tetap yang telah dibiayai oleh perusahaan lain pada akhir periode akuntansi.

Contoh Soal Akuntansi Sewa Guna Usaha dan Jawabannya

Apa itu Sewa Guna Usaha dengan Hak Opsi

Pengertian sewa guna usaha dengan hak opsi adalah tindakan penyewa yang diberikan kebebasan oleh lessor untuk membeli aktiva tetap dengan harga lebih murah. Biaya pemeliharaan dan biaya reparasi mesin beralih dari lessor ke lessee apabila terjadi finance lease. Capital lease akan menambah jumlah aktiva tetap perusahaan.

Contoh soal akuntansi sewa guna usaha dan jawabannya bertujuan agar perusahaan cepat memperoleh aset tetapnya. Leasing adalah aktivitas pendukung kegiatan penambahan kuantitas dan kualitas barang produksi. Semakin banyak barang yang diproduksi mengakibatkan jumlah penghasilan perusahaan dapat bertambah.

Pengertian sewa guna usaha dengan hak opsi adalah perubahan kegiatan administrasi yang diselenggarakan entitas untuk memperkaya pemegang sahamnya. Lembaga keuangan dan leasing akan membantu perusahaan untuk mendapatkan aktiva tetap yang diinginkannya tanpa harus memikirkan kas dimiliki.

Baca Juga: Cara Membuat Invoice Penjualan dan Pembelian di Accurate

Prosedur dan Mekanisme Akuntansi Pajak untuk Sewa Guna Usaha

Prosedur dan mekanisme akuntansi pajak untuk sewa guna usaha akan membantu perusahaan mendapatkan arus kas secara efisien. Kegiatan pelaporan pajak ditujukan agar entitas melibatkan program kerjasama bisnis yang menyesuaikan tingkatan pembayaran tunai dan penjualan kredit barang.

Contoh soal akuntansi sewa guna usaha dan jawabannya akan membantu program perusahaan meningkatkan kuantitas barang dagang. Mengapa saat ini tren penjualan secara leasing sangat digemari baik oleh perusahaan pembiayaan maupun masyarakat selaku konsumen sebab orang pribadi atau badan dapat segera mendapatkan aset yang diinginkan.

Prosedur dan mekanisme akuntansi pajak untuk sewa guna usaha harus diterangkan melalui catatan atas laporan posisi keuangan. Mengapa leasing lebih dipilih daripada pembelian aset secara langsung sebab entitas tidak perlu menyediakan dana besar daripada menyetujui pembelian aktiva tetap jangka panjang.

Baca Juga: Contoh Perhitungan Revaluasi Aktiva Tetap dan Jawabannya

Contoh Soal Akuntansi Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi dan Jawabannya

Contoh soal akuntansi sewa guna usaha tanpa hak opsi dan jawabannya akan memperkenankan entitas melaporkan setiap kekayaannya. Apa saja sanksi sanksi yang diberikan pihak lessor kepada pihak lessee apabila tidak memenuhi kewajiban sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati sebagai berikut

  1. Teguran lisan
  2. Teguran tertulis
  3. Denda dan Sanksi Tambahan
  4. Penyitaan aktiva tetap

Pajak penghasilan pasal 23 atas sewa selain tanah dan bangunan harus dipotongkan saat pembayaran biaya sewa. Setelah pemotongan pph pasal 23, maka penyewa diwajibkan memberikan bukti potong sesuai nilainya. Bukti potong dapat dipakai oleh pemberi sewa untuk dikreditkan pada akhir tahun.

Contoh soal akuntansi sewa guna usaha tanpa hak opsi terjadi ketika PT Kakraffi menandatangani perjanjian sewa dengan biaya per bulan Rp 34.000.000 untuk mendapatkan mesin dengan biaya perolehan Rp 134.000.000. Buatlah jurnal pencatatan biaya sewa guna usaha menggunakan metode operating lease

TanggalKeterangan Debit Kredit
02/04/2023Beban Sewa Mesin Fotocopy Rp 34.000.000
Hutang PPh Pasal 23 Rp 680.000
Kas Rp 33.320.000

Baca Juga: Cara Menghitung Harga Jual Obligasi Premi dan Diskonto

Demikian contoh soal akuntansi sewa guna usaha dan jawabannya dalam materi teori akuntansi dan akuntansi keuangan menengah. Mahasiswa harus dapat membedakan antara operating lease, finance lease dan capital lease agar dapat melaporkan neraca saldo sesuai keadaan perusahaan yang sebenarnya.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Akuntansi Sewa Guna Usaha dan Jawabannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel