Contoh Soal Masalah Akuntansi Kantor Pusat dan Cabang

Contoh soal masalah akuntansi kantor pusat dan cabang adalah program yang digunakan perusahaan untuk meningkatkan jumlah omzet perusahaan ditahun berj

Konten [Tampil]

Contoh soal masalah akuntansi kantor pusat dan cabang adalah program yang digunakan perusahaan untuk meningkatkan jumlah omzet perusahaan ditahun berjalan sesuai keadaan yang sebenarnya. Setiap laporan keuangan dioptimalkan untuk menjaga agar arus kas perusahaan berjalan sesuai keadaan sebenarnya yang terjadi.

Contoh soal pengiriman barang antar cabang diatas harga pokok produksi dan pengiriman uang tunai berakibat pada berkurangnya salah satu aktiva lancar perusahaan. Aktiva adalah bagian dari laporan keuangan yang mencantumkan seluruh harta kekayaan yang dimiliki baik itu aktiva lancar ataupun aktiva tetap.

Bagaimana hubungan antara kantor pusat, cabang dan agen ditentukan pada saat akta pendirian perusahaan didirikan. Karakteristik kantor pusat adalah melayanai setiap pemakaian dana perusahaan untuk kepentingan kantor cabang agar hasil penjualan dapat bertambah sesuai yang ditargetkan awal periode.

Contoh Soal Masalah Akuntansi Kantor Pusat dan Cabang

Siapa itu Kantor Pusat, Kantor Agen dan Kantor Cabang

Pengertian kantor pusat menurut para ahli adalah instansi yang berkedudukan diatas dari segera sumber kekayaan perusahaan. Kantor pusat bertugas memberikan deadline atas kegiatan pemasaran produk kepada cabang dan agen agar omzet dapat bertambah sehingga perusahaan berkembang sesuai periodenya.

Siapa itu kantor agen? Pengertian kantor agen menurut para ahli adalah perwakilan perusahaan di daerah yang dianggap potensi untuk menambah omzet ditahun berjalan. Agen hanya bertugas mencari order dari pelanggan dan mengirimkan order ke kantor pusat agar dilakukan pengiriman setelah pembayaran diselenggarakan.

Pengertian kantor cabang menurut para ahli adalah instansi yang difokuskan mencari laba didaerah tertentu dengan diperbolehkannya melakukan stock barang milik kantor pusat atau milik pihak ketiga agar keuntungan dapat bertambah. Distributor adalah pihak yang melaksanakan distribusi penjualan barang dan jasa kepada pelanggan.

Baca Juga: Contoh Soal Akuntansi Pembentukan Persekutuan

Sistem Sentralisasi dan Desentralisasi Kantor Cabang

Bagaimana sistem akuntansi kantor cabang dapat menggunakan layanan sentralisasi dan desentralisasi. Kesesuaian antara informasi keuangan perusahaan diharapkan mampu memberikan kesempatan bagi staff untuk naik jabatan seperti supervisor, leader, manajer bergantung pada pengalaman dan skill yang dimilikinya.

Contoh masalah akuntansi kantor pusat dan cabang perlu dipertimbangkan sebagai tambahan kekayaan yang diatribusikan sesuai tingkatan bisnisnya. Sistem sentralisasi menganggap perusahaan induk sebagai tempat berkumpulnya seluruh informasi pembelian, produksi dan penjualan barang untuk keperluan laporan.

Bagaimana sistem akuntansi kantor cabang dengan menggunakan sistem desentralisasi mewajibkan pada cabang membuat laporan hanya pada aktivitas pribadinya. Setiap penjualan, pembelian dan proses produksi dapat dicatat dan dilaporkan sesuai jumlah pemilikan saham yang dimiliki pada periode bersangkutan.

Baca Juga: Apa itu Penjualan Konsinyasi

Contoh Soal Hubungan Kantor Pusat dan Cabang Serta Masalahnya

Contoh soal hubungan kantor pusat dan cabang serta masalahnya diorientasikan pada kekayaan yang disesuaikan kondisi perusahaan. Akuntansi keuangan lanjutan memperbolehkan perusahaan membuat laporan berdasarkan kesesuaian informasi yang dimiliki serta didasarkan pada inernational financial report standard.

Contoh soal pengiriman barang dagang antar cabang dapat terjadi saat PT Kakraffi telah memesan ekspedisi dengan biaya Rp 8.000 untuk mengirimkan barang jadi senilai Rp 34.000 kepada cabang jakarta. Dihari berikutnya, cabang semarang memerlukan barang tersebut sehingga cabang jakarta harus mengirimkan kembali dengan biaya Rp 10.000. Jika langsung dikirim dari kantor pusat memerlukan biay Rp 12.000. Bagaimana jurnal pencatatan yang diperlukan?

Jurnal Pencatatan Pengiriman Barang Antar Cabang

Jurnal pencatatan pengiriman barang antar cabang ditujukan agar kekayaan perusahaan dimaksimalkan agar modal kerja dapat dikurangi. Manfaat modal kerja adalah memastikan ketersediaan stock barang yang harus disediakan agar pelanggan dapat segera menerima barang sesuai yang diinginkannya.

Tanggal Keterangan Debit Kredit
06/02/2023r/k Kantor Cabang Jakarta Rp 42.000
Pengiriman kantor cabang Jakarta Rp 34.000
Kas Rp 8.000
07/02/2023Pengiriman kantor cabang Jakarta Rp 34.000
Pengiriman kantor cabang Semarang Rp 34.000
13/02/2023R/K kantor cabang Semarang Rp 44.000
Selisih biaya ongkir Rp 2.000
r/k Kantor Cabang Jakarta Rp 46.000

Baca Juga: Cara Menghitung Rentabilitas Ekonomi

Demikian contoh soal masalah akuntansi kantor pusat dan cabang dalam informasi akuntansi keuangan lanjutan. Tugas dan tanggungjawab kantor pusat harus dijalankan agar perolehan kondisi keuangan dapat disesuaikan tingkat laba dan rugi yang mungkin terjadi selama satu periode yang berjalan.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Masalah Akuntansi Kantor Pusat dan Cabang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel