Contoh Soal Cara Menghitung Harga Perolehan Mesin dan Jurnalnya

Contoh soal cara menghitung harga perolehan mesin dan jurnalnya merupakan pedoman bagi entitas ketika mengerjakan informasi keuangan sesuai komponen

Konten [Tampil]

Contoh soal cara menghitung harga perolehan mesin dan jurnalnya merupakan pedoman bagi entitas ketika mengerjakan informasi keuangan. Perusahaan jasa dan dagang memerlukan aktiva tetap untuk menyelenggarakan kegiatan bisnis agar dapat mengindikasikan setiap pemakaian kas sesuai tujuannya.

Cara menghjtung harga perolehan mesin, tanah dan bangunan serta peralatan kantor harus mengaplaiskan standar akuntansi keuangan yang berlaku. Jurnal pembelian aset secara kredit dan tunai harus dibuktikan dengan adanya bukti transaksi yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan kepada auditor atau kantor akuntan publik.

Penentuan harga perolehan berbagai aset tetap dengan cara hibah atau pemberian cuma-cuma akan meningkatkan aktiva tetap perusahaan. Tujuan pembuatan neraca saldo adalah melihat sejauh mana kemampuan perusahaan ketika mengakuisisi transaksi pendapatan dan pembelian selama satu periode berjalan.

Contoh Soal Cara Menghitung Harga Perolehan Mesin dan Jurnalnya

Pembelian Aktiva Tetap dalam Satu Paket atau Lump-Sum

Pembelian aktiva tetap dalam satu paket atau lump sum merupakan aktivitas perusahaan dalam rangka mendapatkan komponen laporan posisi keuangan. Item laporan keuangan harus dapat mengapresiasi setiap perkembangan produk untuk mencegah terjadinya proses penjualan barang tanpa persetujuan departemen terkait.

Contoh soal cara menghitung harga perolehan mesin dan jurnal penjualannya perlu mempertimbangkan adanya objek pajak penghasilan. Penjualan tanah dan bangunan akan dikenakan pajak penghasilan pasal 4 ayat 2. Pembeli akan dikenakan bphtp yang wajib dibayarkan sebelum dokumen akta tanah diperdagangkannya.

Pembelian aktiva tetap dalam satu paket atau lump-sum perlu dipertimbangkan sebagai komponen informasi yang diperlukan pemegang saham. Bagaimana cara memperoleh aktiva tetap bagi perusahaan jasa, dagang dan manufaktur perlu menyesuaikan beberapa aktivitas sebagai berikut

  1. Pembelian
  2. Pertukaran
  3. Hibah
  4. Leasing
  5. Membangun sendiri

Baca Juga: Cara Membuat Jurnal Umum dan Penyesuaian di Myob

Contoh Soal Penentuan Harga Perolehan Mesin di Perusahaan Manufaktur

Contoh soal penentuan harga perolehan mesin di perusahaan manufaktur perlu menggunakan biaya perolehan dan biaya penyusutan. Harga perolehan adalah harga jual ditambah segala pengeluaran perusahaan agar aktiva tetap siap dipergunakan untuk menghasilkan komponen produksi atau jasa yang diinginkan.

Contoh soal pembelian aktiva tetap dalam satu paket harus menghindari harga satuan atau harga normal barang. Harga adalah nilai tukar yang disepakati antara penjual dan pembeli berdasarkan negosiasi sebelum penyerahan barang atau jasa. Harga akan memprioritaskan pada pembayaran tagihan perusahaan.

Contoh soal penentuan harga perolehan mesin di perusahaan manufaktur terjadi ketika PT Kakraffi membeli 2 mesin senilai Rp 70.000.000 secara lumpsum. Apabila pembelian dilakukan secara satuan akan dikenakan harga Rp 40.000.000 dan Rp 35.000.000. Berapakah harga perolehan masing-masing mesin tersebut?

Nama Barang Harga Satuan Persentase Harga Paket
Mesin 1 Rp 40.000.000 53% Rp 37.333.333
Mesin 2 Rp 35.000.000 47% Rp 32.666.667

Baca Juga: Contoh Persamaan Dasar Akuntansi Perusahaan Dagang dan Jasa

Jurnal Pencatatan Pembelian Mesin dan Kendaraan Secara Tunai dan Kredit

Jurnal pencatatan pembelian mesin dan kendaraan secara tunai dan kredit akan mempercepat proses penjadwalan pesanan barang oleh perusahaan. Entitas diharapkan mampu melaksanakan penjualan barang dagangan secara tunai untuk menghindari pemasalahan keuangan saat pelanggan tidak mampu membayarkan tagihan.

Contoh soal cara menghitung harga perolehan mesin dan jurnal pencatatannya harus memperhatikan setiap pengeluaran perusahaan selama satu periode. Perusahaan manufaktur tentu memiliki berbagai macam mesin produksi agar dapat meminimalisir harga pokok produksi selama satu tahun yang berjalan.

Jurnal pencatatan pembelian mesin harus dilakukan dengan dasar akrual. Dasar pembebanan perusahaan harus diaplikasikan berdasarkan setiap perkembangan produk di kemudian harinya. Entitas dianjurkan mematuhi standar akuntansi keuangan guna mengaplikasikan setiap perkembangan produknya.

Tanggal Keterangan Debit Kredit
31/05/2023 Mesin 1 Rp 37.333.333
Mesin 2 Rp 32.666.667
PPN Masukan Rp 7.700.000
Kas Rp 77.700.000

Baca Juga: Contoh Soal Pembentukan dan Pengisian Kembali Kas Kecil

Demikian contoh soal cara menghitung harga perolehan mesin dan jurnal pencatatannya dalam sistem informasi akuntansi dan manajemen. Penentuan biaya perolehan aktiva tetap dengan cara hibah adalah dialokasikan berdasarkan nilai wajar pada saat transaksi diselenggarakan untuk memudahkan prosedur pencatatannya.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Cara Menghitung Harga Perolehan Mesin dan Jurnalnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel