Contoh Soal Cara Menghitung Harga Perolehan Aktiva Tetap Membangun Sendiri

Contoh soal cara menghitung harga perolehan aktiva tetap membangun sendiri adalah metode mendapatkan mesin, kendaraan, bangunan dan tanah dalam rangka

Konten [Tampil]

Contoh soal cara menghitung harga perolehan aktiva tetap membangun sendiri adalah metode mendapatkan mesin, kendaraan, bangunan dan tanah dalam rangka melaksanakan kegiatan produksi. Perusahaan manufaktur diwajibkan memiliki aset tetap untuk mendukung kegiatan operasional perusahaan.

Cara menghitung harga perolehan aset tetap dengan pembelian tunai, pembelian kredit, pemberian cuma-cuma atau hibah, pertukaran aset sejenis dan leasing harus diaplikasikan berdasarkan kemampuan perusahaan. Biaya pembangunan rumah tinggal terdiri dari material bahan baku dan tenaga kerja langsung.

Contoh perhitungan ppn kegiatan membangun sendiri harus dilaporkan pengusaha kena pajak paling lambat tanggal 15 bulan berikutnya. Cara membuat kode billing ppn kms harus menggunakan akun djp online milik perusahaan kena pajak. Pelaporan devisa kas bertujuan mengikuti aturan bank indonesia.

Contoh Soal Cara Menghitung Harga Perolehan Aktiva Tetap Membangun Sendiri

Apa itu PPN Kegiatan Membangun Sendiri

Pengertian pajak pertambahan nilai atau ppn adalah iuran yang dibayarkan wajib pajak orang pribadi dan badan usaha saat terjadi penambahan nilai ekonomis ditiap rantai distribusi barang. Kegiatan membangun sendiri adalah aktivitas menciptakan aktiva tetap tanpa melalui jasa pihak ketiga agar biaya dapat diturunkan.

Contoh soal cara menghitung harga perolehan aktiva tetap membangun sendiri harus menentukan dasar pengenaan pajak dan tarif ppn kms. Pembebanan biaya perolehan bangunan dan tanah dapat dialokasikan saat entitas melaksanakan perhitungan penyusutan metode garis lurus atau metode saldo menurun bergandanya.

Apa itu ppn kegiatan membangun sendiri? Pengertian ppn kms kegiatan membangun sendiri adalah pajak yang dikenakan atas pembangunan gedung, tempat tinggal dan tempat usaha yang memiliki nilai ekonomis bertambah saat terjadi perubahan bentuk secara visual dengan mempergunakan material dan tenaga kerja.

Baca Juga: Objek dan Subjek Pajak Pertambahan Nilai

Contoh Soal Perolehan Aktiva Tetap dengan Membangun Sendiri

Contoh soal perolehan aktiva tetap dengan membangun sendiri mengindikasikan perusahaan menginginkan harga perolehan lebih murah daripada membeli dari pihak ketiga. PPh pasal 4 ayat 2 akan dikenakan bagi kontraktor ketika mengerjakan project pembangunan gedung dan tempat tinggal.

Contoh soal cara menghitung harga perolehan aktiva tetap membangun sendiri tidak boleh menggunakan nilai wajar aset sejenis di pasar. Biaya perolehan aset tetap dibangun sendiri terdiri dari biaya material, biaya tenaga kerja dan biaya bahan penolong untuk mendukung aset siap dipergunakan.

Contoh perhitungan ppn kegiatan membangun sendiri terjadi ketika PT Kakraffi merencanakan pembangunan bioskop dengan pengeluaran bahan material Rp 95.000.000 dan tenaga kerja langsung Rp 45.000.000. Bagaimana cara menghitung biaya perolehan aset tetap dan total ppn yang harus dibayarkan?

Baca Juga: Tarif PPN Membangun Sendiri Terbaru

Cara Menghitung PPN Kegiatan Membangun Sendiri

Cara menghitung ppn kegiatan membangun sendiri harus didasarkan pada ketentuan umum perpajakan. Tarif pajak pertambahan nilai adalah 10% dari dasar pengenaan pajak. Setiap objek pajak diwajibkan untuk dipotongkan penghasilannya dan dimuat pada surat pelaporan pajak tahunan saat neraca saldo dibuat.

Contoh soal cara menghitung harga perolehan aktiva tetap membangun sendiri harus memperkiraan keuntungan dan kerugian bagi perusahaan. Berapa minimal luas bangunan yang dikenakan ppn adalah 200 meter persegi. Bphtb harus dibayarkan saat terjadi jual beli tanah dan bangunan sesuai aturan yang berlaku.

Cara menghitung ppn kegiatan membangun sendiri dilakukan dengan mengkalikan tarif ppn dengan dasar pengenaan pajak. Cara membuat kode billing ppn kms didasarkan pada perhitungan total kekayaan perusahaan. Akun djp online memuat informasi total kekayaan dan pelaporan spt tahunan perusahaan.

Jurnal Mencatat Aktiva Tetap Dibangun Sendiri

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/08/2022Bioskop Rp 140.000.000
Biaya Bahan Baku Rp 95.000.000
Biaya Tenaga Kerja Langsung Rp 45.000.000
(Jurnal harga perolehan aset tetap membangun sendiri)

Jurnal PPn atas Kegiatan Membangun Sendiri

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/08/2022PPN Membangun Sendiri Rp 3.080.000
PPN Keluaran Rp 3.080.000
(Jurnal pengakuan ppn membangun sendiri)
15/09/2022PPN keluaran Rp 3.080.000
Kas Rp 3.080.000
(Jurnal pembayaran kode billing ppn kms)

Baca Juga: Contoh Soal Piutang Wesel Berbunga dan Wesel Tidak Berbunga

Demikian contoh soal cara menghitung harga perolehan aktiva tetap membangun sendiri sesuai ketentuan umum perpajakan. Penyebab terjadi depresiasi atau penyusutan adalah penurunan nilai jual dan manfaat aset sesuai jangka waktu yang ditetapkan oleh perusahaan saat jatuh tempo tagihannya.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Cara Menghitung Harga Perolehan Aktiva Tetap Membangun Sendiri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel