Contoh Soal Persamaan Dasar Akuntansi Perusahaan Dagang dan Jasa

Contoh soal persamaan dasar akuntansi perusahaan dagang dan jasa harus dapat menentukan pengaruh transaksi terhadap laporan posisi keuangan

Konten [Tampil]

Contoh soal persamaan dasar akuntansi perusahaan dagang dan jasa harus dapat menentukan pengaruh transaksi terhadap laporan posisi keuangan. Neraca saldo disusun setiap kali transaksi keuangan terjadi dan harus seimbang antara aktiva dengan jumlah liabilitas dan ekuitas yang dimiliki perusahaan selama satu periode.

10 contoh soal transaksi persamaan dasar akuntansi beserta jawabannya bertujuan agar entitas dapat mengetahui pengatuh setiap transaksi yang terjadi. Sistem pembukuan berganda atau dikenal dengan double entry system menjadi dasar dalam mengakui adanya pengurangan dan pertambahan aset dalam laporan keuangan.

Pengaruh transaksi terhadap laporan posisi keuangan akan terjadi ketika perusahaan mengadakan penjualan dan pembelian barang dagang. Prinsip akuntansi berterima umum terdiri dari prinsip biaya perolehan dan prinsip realitas atas keandalan dana keuangan yang dapat diverifikasi pihak perusahaan.

Contoh Soal Persamaan Dasar Akuntansi Perusahaan Dagang dan Jasa

Contoh Soal Analisis Transaksi Persamaan Dasar Akuntansi dan Pembahasannya

Contoh soal analisis transaksi persamaan dasar akuntansi dan jawabannya menjadi bagian dalam materi akuntansi pengantar. Asumsi dalam menyusun laporan posisi keuangan terdiri dari konsep entitas, konsep keberlangsungan usaha dan konsep unit moneter yang stabil dalam menilai informasi keuangan perusahaan.

Contoh soal persamaan dasar akuntansi sederhana dapat terjadi dalam 10, 14 bahkan 15 transaksi mulai dari setoran modal sampai pendapatan perusahaan. Bisnis perusahaan dapat dikategorikan menjadi perusahaan perseorangan, perusahaan peseroan terbatas dan perusahaan persekutuan atau partnership.

Hubungan antara aset dengan liabilitas dan ekuitas menjadi dasar dalam penentuan sumber daya modal perusahaan. Bagaimana pengatuh transaksi terhadap laporan posisi keuangan didistribusikan ke dalam beberapa jenis transaksi sebagai berikut:

Baca Juga: Unsur-Unsur Laporan Keuangan Syariah dan Konvensional

Persamaan Dasar Akuntansi: Penyerahan Modal Awal oleh Pemilik

Tahapan awal dalam membangun sebuah usaha adalah penyetoran modal awal oleh pemilik. Pemilik perusahaan dapat memberikan modal kepada perusahaan dalam bentuk kas dan setara kas yang akan dinilai berdasarkan metode goodwill dan metode bonus bagi sekutu yang baru dan sekutu yang telah bergabung.

Contoh transaksi penyerahan modal awal pemilik terjadi ketika Kakraffi mendirian perseroan terbatas dengan menyetorkan modal sebesar Rp 15.200.000. Bagaimana analisis pengaruh transaksi terhadap laporan posisi keuangan yang akan diterbitkan perusahaan sebagai berikut:

Keterangan Aktiva = Liabilitas Ekuitas
Akun Kas Modal tuan Raffi
- Setoran Awal Rp 15.200.000 Rp 15.200.000

Persamaan Dasar Akuntansi: Pembelian Peralatan dan Perlengkapan Secara Tunai dan Kredit

Contoh soal dan jawaban persamaan dasar akuntansi perusahaan dagang dilanjutkan dengan melaksanakan pembelian peralatan dan perlengkapan secara tunai atau kredit. Pengertian transaksi adalah segala aktivitas perusahaan yang memerlukan kas keluar dan kas masuk untuk membantu kegiatan operasional.

Pengaruh transaksi terhadap persamaan dasar akuntansi harus dapat membuktikan adanya sistem pembukuan berganda. Analisis transaksi dan pencatatan dalam persamaan akuntansi sederhana dapat membuktikan terjadinya prinsip keberlangsungan usaha atau going concern dalam menjalankan kegiatan operasional.

Keterangan Aktiva = Liabilitas Ekuitas
Akun Kas Peralatan Modal tuan Raffi
- Pembelian Tunai Rp (50.000) Rp 50.000
- Pembelian Kredit Rp 25.000 Rp 25.000

Persamaan Dasar Akuntansi: Penjualan Tunai dan Kredit

Persamaan dasar akuntansi dilanjutkan dengan penerimaan penghasilan dari aktivitas bisnis. Penjualan adalah upaya perusahaan meningkatkan manfaat ekonomis dari penyerahan barang dan jasa kena pajak. Analisis transaksi akan mengakibatkan kas bertambah atau piutang bertambah disisi aktiva perusahaan.

Contoh soal analisis transaksi dan pencatatan dalam persamaan dasar akuntansi akan berakibat pada penambahan modal perusahaan. Pengaruh transaksi penjualan dapat mengharuskan perusahaan membayarkan pajak penghasilan ketika wajib pajak menerima laba diperiode berjalan.

Keterangan Aktiva = Liabilitas Ekuitas
Akun Kas Piutang Modal tuan Raffi
- Penjualan Kredit Rp 46.000 Rp 46.000
- Penjualan Tunai Rp 54.100 Rp 54.100

Baca Juga: Apa itu Sistem Pembukuan Berganda? Bagaimana Contohnya

Demikian contoh soal persamaan dasar akuntansi sederhana dan pembahasannya dalam materi perusahaan dagang dan perusahaan jasa. Sistem pembukuan berganda harus dilakukan agar entitas dapat menterjemahkan informasi keuangan ketika melaksanakan asersi manajemen disetiap transaksinya.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Persamaan Dasar Akuntansi Perusahaan Dagang dan Jasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel