Pertanyaan Pemeriksaan Liabilitas Jangka Pendek dan Jangka Panjang

Pertanyaan pemeriksaan liabilitas jangka pendek dan jangka panjang bertujuan agar perusahaan dapat merealisasikan kebutuhan ekonomis ketika berbelanja

Konten [Tampil]

Pertanyaan pemeriksaan liabilitas jangka pendek dan jangka panjang bertujuan agar perusahaan dapat merealisasikan kebutuhan ekonomis ketika melaksanakan perdagangan. Pemasok adalah pihak yang mau memberikan bantuan pengadaan bahan baku dan jasa untuk operasional perusahaan berdasarkan termin pembayarannya.

Contoh soal audit pemeriksaan liabilitas jangka pendek dan jangka panjang merupakan aktivitas perusahaan baru ketika akan menyelenggarakan kegiatan pembukuan. Setiap entitas berhak untuk mengakuisisi adanya hutang piutang selama satu periode sesuai transaksi dengan pemasok atau pelanggan.

Hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan audit hutang dagang adalah kesesuaian informasi tagihan dengan pembayaran perusahaan. Sistem pengendalian internal pembelian harus didesain sesuai keperluan dari entitas untuk menyelenggarakan bisnis sesuai tingkat kepercayaan lawan transaksi atas termin pembayaran yang diberikan.

Pertanyaan Pemeriksaan Liabilitas Jangka Pendek dan Jangka Panjang

Sifat dan Contoh Liabilitas Jangka Panjang

Sifat liabilitas jangka panjang adalah waktu pelunasan tagihan yang diberikan pemasok lebih dari satu periode akuntansi dengan harapan entitas mampu membayarkan cicilan sesuai waktu yang disepakati dan memperoleh barang atau jasa pada masa sekarang sesuai kebutuhan operasional atau produksinya.

Kewajiban jangka panjang adalah aktivitas perusahaan melakukan pendanaan atas pembelian aktiva tetap dimasa sekarang dengan adanya perjanjian pembiayaan kembali yang disepakati sebelum persetujuan pinjaman dilaksanakan. Kredit investasi dan utang obligasi hendaknya disesuaikan aktivitas bisnis perusahaan.

Hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan audit liabilitas jangka panjang adalah entitas harus dapat membuktikan keterjadian transaksi hutang piutang. Hutang akan terjadi saat entitas menerima barang sesuai pesanan dan diberikannya surat tagihan atas barang oleh supplier sesuai jumlah pada surat jalannya.

Baca Juga: Cara Menghitung Return on Equity dari Laporan Keuangan

Contoh Liabilitas Jangka Panjang dalam Laporan Keuangan

Pertanyaan pemeriksaan liabilitas jangka pendek dan jangka panjang harus dapat dilaokasikan dengan jelas perencanaan penggunaan dana dan penjadwalan kembali pembayaran tertentu. Sifat hutang dagang adalah membantu operasional perusahaan untuk memperoleh aktiva lancar dan aktiva tetap satu periode.

Kredit Investasi

Contoh liabilitas jangka panjang adalah kredit investasi. Pengertian kredit investasi adalah pinjaman perbankan dan lembaga keuangan untuk pembelian aktiva tetap dan aktiva tak berwujud. Jika pinjaman dalam mata uang asing, perusahaan harus mengembalikan dalam mata uang asing juga.

Utang Obligasi

Pertanyaan pemeriksaan liabilitas jangka pendek tentu terletak pada penerbitan obligasi. Pengertian utang obligasi adalah pinjaman jangka panjang perusahaan yang ditujukan untuk memperoleh penjualan obligasi atau surat hutang di dalam negeri atau luar negeri tertentu.

Bridging Load

Pengertian bridging load adalah pinjaman yang disepakati perusahaan dalam waktu pendek sebelum adanya persetujuan kredit investasi sesuai penggunaan dana perusahaan. Tingkat bunga yang dikenakan lebih tinggi dibandingkan bunga pasar dikarenakan adanya long term loan tersebut.

Baca Juga: Contoh Soal Pemeriksaan Perkiraan Laba Rugi Perusahaan Dagang

Pertanyaan Tentang Audit Pemeriksaan Liabilitas Jangka Pendek

Pertanyaan tentang audit pemeriksaan liabilitas jangka pendek dan jangka panjang dapat diberikan oleh kantor akuntan publik. Bagaimana cara menilai sistem pengendalian internal, auditor dapat menerapkan adanya internal control questionnaires dan flowchart ketika menciptakan bukti transaksi.

Apa Tujuan Pemeriksaan Hutang Dagang

Tujuan audit pemeriksaan hutang dagang adalah memastikan perusahaan memperoleh barang dan jasa sesuai pesanan dan membayarkan tagihan berdasarkan invoice jatuh temponya. Perusahaan cenderung mengakui hutang lebih sedikit daripada seharusnya untuk meningkatkan kualitas kinerja keuangannya.

Bagaimana Audit Prosedure yang Disarankan

Pertanyaan pemeriksaan liabilitas jangka panjang dan jangka pendek memerlukan informasi terkait adanya perjanjian kerjasama bisnis. Konfirmasi hutang dagang merupakan bukti audit independen untuk meningkatkan kualitas pembayaran dan keterjadian informasi hutang piutang entitas satu periode akuntansi.

Bagaimana Menilai Sistem Pengendalian Internal Perusahaan

Cara menilai penerapan sistem pengendalian internal perusahaan adalah dengan memastikan prosedur pembuatan tagihan tertentu. Setiap entitas diharapkan dapat melaporkan spt tahunan dan spt orang pribadi bagi wajib pajak untuk menyelesaikan permasalahan kondisi keuangan sesuai termin pembayarannya.

Baca Juga: Apa itu Subsequent Event?

Demikian pertanyaan pemeriksaan liabilitas jangka pendek dan jangka panjang dalam audit prosedur untuk pengujian subtantif dan compliance. Hutang dan modal adalah sumber daya untuk menciptakan aktiva lancar dan aktiva tetap untuk digunakan dalam satu periode akuntansi berdasarkan kesepakatan bisnis.

Belum ada Komentar untuk "Pertanyaan Pemeriksaan Liabilitas Jangka Pendek dan Jangka Panjang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel