2 Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi Keuangan Lanjutan Tentang Persekutuan

Contoh soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan tentang persekutuan terdiri dari aktivitas pendirian, perubahan pemilikan dan pembubaran firma

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan tentang persekutuan terdiri dari aktivitas pendirian, perubahan pemilikan dan pembubaran firma. Pengertian partnership adalah akad kerjasama bisnis antara sekutu dengan sekutu lain agar dapat meningkatkan omzet penjualan sesuai target yang ditentukan.

Contoh soal akuntansi pendirian firma persekutuan layak dipertimbangkan ketika mempelajari akuntansi keuangan lanjutan. Software akuntansi bertujuan untuk memudahkan proses pembuatan laporan posisi keuangan sesuai arah tujuan perusahaan yaitu mendapatkan kepastian pembayaran tagihan jatuh temponya.

Akuntansi pembentukan persekutuan layak dipertimbangkan dalam sistem manajemen keuangan. Adanya kemungkinan status sekutu yang belum memiliki usaha dengan sekutu yang sudah memiliki usaha menimbulkan adanya pembukuan firma menggunakan buku baru atau melanjutkan milik salah seorang anggotanya.

2 Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi Keuangan Lanjutan Tentang Persekutuan

Materi Akuntansi Pendirian Firma

Materi akuntansi pendirian firma terdiri dari segala aspek untuk meninjau aktivitas bisnis ketika menyelenggarakan pencatatan. Siklus akuntansi adalah sistematika prosedur pencatatan bisnis dimana seseorang menyelenggarakan kegiatan pencatatan sesuai prosedur standar akuntansi keuangan yang berlaku.

Pembentukan persekutuan dapat menggunakan metode bonus dan metode goodwill ketika mengakui kemampuan lebih anggota sekutu. Kemampuan lebih anggota sekutu wajib diatribusikan ke dalam laporan posisi keuangan agar saat terjadi pembagian laba rugi firma dapat dialokasikan secara benar dan sesuai prosedurnya.

Contoh soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan tentang persekutuan wajib menjadi pilihan bagi entitas ketika menyelenggarakan kegiatan bisnis. Pembuatan sales order, purchase order dan invoice tagihannya menjadi upaya agar dapat mengukur kinerja keuangan selama satu periode perpajakan yang berjalan.

Baca Juga: Contoh Penjualan Konsinyasi Bagi Komisioner dan Pengamanat

Contoh Soal Akuntansi Keuangan Lanjutan Tentang Persekutuan

Contoh soal akuntansi keuangan lanjutan tentang persekutuan layak menjadi pilihan bagi wajib pajak ketika menyelenggarakan kegiatan bisnis. Apabila firma melanjutkan pembukuan menggunakan buku anggota lama maka sekutu harus menilai sesuai nilai wajar pada saat transaksi sesuai estimasi keuntungannya.

Contoh soal akuntansi pendirian persekutuan memungkinkan para sekutu menyetorkan modal awal sebagai setoran kekayaannya. Apabila menggunakan metode buku baru, maka sekutu yang sudah memiliki usaha harus membuat jurnal penutup atas transaksi yang sudah berjalan diperiode sebelumnya.

Akuntansi pendirian firma terjadi saat tuan beni dan tuan zakaria menyetorkan uang tunai senilai Rp 44.000.000 dan Rp 34.000.000. Tuan yohanes mau bergabung untuk membentuk persekutuan baru dimana tuan yohanes memberikan laporan posisi keuangan sebelum proses penandatangan akta perjanjian sebagai berikut:

Laporan Posisi Keuangan
Persekutuan XYZ
31/12/2022
AktivaPassiva
- Kas Rp9.375.000 - Hutang Bank Rp23.076.923
- Piutang Dagang Rp3.125.000 - Hutang lain-lain Rp23.076.923
- Kendaraan Rp21.875.000
- Tanah Rp6.250.000 - Modal Tuan Yohanes  Rp 3.846.154
- Bangunan Rp9.375.000
Jumlah Rp50.000.000 Rp50.000.000

Isi perjanjian persekutuan harus meliputi prosedur masuknya anggota sekutu, perubahan pemilikan persekutuan dan keluarnya anggota sekutu lama. Berdasarkan akta pendirian, nilai wajar atas harta kekayaan yang disetorkan tuan yohanes sebagai berikut:

  1. Hutang lain-lain wajib dilunasi oleh tuan yohanes secara penuh
  2. Piutang dagang hanya dapat ditagihkan sebesar 85%
  3. Tanah mengalami kenaikan harga sebesar 25%

Baca Juga: Cara Menyusun Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Equity

Jurnal Akuntansi Pendirian Firma bagi Sekutu yang Sudah Punya Usaha

Jurnal akuntansi pendirian firma bagi sekutu yang sudah punya usaha layak diberikan kepastian tentang pembayaran jatuh tempo. Pembagian laba rugi persekutuan dapat menggunakan persentase modal akhir, modal awal dan modal rata-rata untuk mengakui adanya dividen yang dibayarkan.

Contoh soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan tentang persekutuan menjadi siklus akuntansi yang berhubungan dengan laporan keuangan konsolidasi. Pengertian laporan keuangan konsolidasi adalah laporan keuangan yang menggabungkan antara dua perusahaan yang berafiliasi sejenis.

Jurnal akuntansi pendirian firma persekutuan bagi sekutu yang belum memiliki usaha harus membentuk buku baru. Buku baru artinya perusahaan melakukan pencatatan sistem informasi berdasarkan jumlah setoran pada awal periode. Adapun jurnal mencatat setoran sekutu baru dan jurnal penyesuaian nilai wajar sebagai berikut:

Tanggal Keterangan Debit Kredit
01/01/2023 Kas Rp 94.000.000
Modal Beni Rp 44.000.000
Modal Zakaria Rp 34.000.000
01/01/2023 Tanah Rp 5.468.750
Hutang Lain-Lain Rp 23.076.923
Modal C Rp 28.076.923
Piutang Rp 468.750

Baca Juga: Cara Membuat Database Accurate Baru di Accurate Desktop 5

Demikian contoh soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan tentang persekutuan atau partnership yang diawali dengan pembentukan firma, perubahan pemilikan persekutuan dan pembubaran partnership yang mengakibatkan umur firma diakui secara terbatas atau limited life.

Belum ada Komentar untuk "2 Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi Keuangan Lanjutan Tentang Persekutuan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel