Contoh Soal Perubahan Taksiran Umur Manfaat Aktiva Tetap dan Jawabannya

Contoh soal perubahan taksiran umur manfaat aktiva tetap dan jawabannya bertujuan agar entitas ingin memperpanjang masa pemakaian aset yang dibelinya

Konten [Tampil]

Contoh soal perubahan taksiran umur manfaat aktiva tetap dan jawabannya bertujuan agar entitas ingin memperpanjang masa pemakaian aset yang dibelinya. Biaya perolehan aktiva tetap diukur berdasarkan pengeluaran kas dan setara kas untuk mendatangkan dan mempersiapkan aset sampai dipergunakannya produksi.

Contoh soal perubahan kebijakan estimasi akuntansi dan koreksi kesalahan pencatatan informasi keuangan dimasa lampau dapat diterapkan untuk mengalokasikan seluruh informasi keuangannya. Tingkat kepercayaan bisnis berkembang sejalan dengan perolehan pendapatan di perusahaan atas kinerja keuangannya.

Perubahan kebijakan akuntansi dan koreksi kesalahan akan dilaksanakan oleh auditor selama proses pemeriksaan laporan keuangan. Kapankah entitas mengubah suatu kebijakan akuntansi ketika dirasa ingin menambahkan keuntungan dari aktivitas bisnis utama ketika perusahaan telah berjalan sesuai masanya.

Contoh Soal Perubahan Taksiran Umur Manfaat Aktiva Tetap dan Jawabannya

Contoh Soal Perubahan Taksiran Umur Manfaat Aktiva Tetap

Contoh soal perubahan taksiran umur manfaat aktiva tetap bertujuan agar entitas tetap menjalankan aktivitas bisnis yang disesuaikan pengalamannya dimasa lampau. Usia ekonomis adalah usia penggunaan aset tetap secara wajar di beberapa perusahaan sejalan aktivitas bisnis yang dimilikinya untuk kegiatan operasional.

Contoh soal perubahan kebijakan akuntansi dan koreksi kesalahan diwujudkan dalam bentuk informasi laporan keuangan perusahaan. Bagaimana entitas memilih dan menerapkan kebijakan akuntansi dapat diasumsikan pada informasi keuangannya sesuai tujuan pembentukan perusahaan dimasa mendatang.

Contoh kasus perubahan taksiran umur manfaat aset tetap terjadi ketika PT Kakraffi mengajukan penambahan umur manfaat atas biaya service dan pemeliharaan senilai Rp 5.000.000. Kendaraan senilai Rp 88.000.000 telah disusutkan selama 2 dari 8 tahun. Berapakah nilai beban penyusutan dan akumulasi penyusutan yang baru?

Baca Juga: Cara Membuat Jurnal Penerimaan Kas dan Jurnal Pengeluaran Kas

Jurnal Perubahan Taksiran Umur Manfaat Aset Tetap

Jurnal perubahan taksiran umur manfaat aset tetap diperlukan agar entitas mendapatkan kepastian nilai tagihan yang dibayarkannya. Sebutkan hal-hal yang tidak dicakup dalam perubahan kebijakan akuntansi adalah mengubah jurnal umum dan jurnal penyesuaian yang telah dilaksanakan periode sebelumnya.

Contoh soal perubahan taksiran umur manfaat aktiva tetap dapat mengalami pertambahan dan pengurangan sesuai biaya pemeliharaan yang dikorbankan. Adanya kewajiban perusahaan untuk mengantisipasi kegiatan bisnis bertujuan memaksimalkan prosedur kekayaan yang dijaga perusahaannya.

Cara menghitung beban penyusutan aktiva tetap menggunakan metode garis lurus dan saldo menurun berdampak pada nilai buku. Nilai buku adalah perbandingan antara biaya perolehan dan akumulasi penyusutan yang dilaksanakan. Adapun jurnal perubahan taksiran umur piutang dihitung berdasarkan rumus sebagai berikut:

Harga Perolehan Rp 88.000.000
Akumulasi penyusutan Rp 22.000.000
Nilai Buku Rp 34.000.000
Tambahan biaya Rp 5.000.000
Biaya perolehan baru Rp 39.000.000
Masa manfaat baru7 Tahun
Beban penyusutan Rp 5.571.429

Baca Juga: Contoh Soal Obligasi Akuntansi Keuangan Menengah dan Jawabannya

Contoh Soal Perubahan Kebijakan Akuntansi dan Koreksi Kesalahan

Contoh soal perubahan kebijakan akuntansi dan koreksi kesalahan dapat diselenggarakan dengan mengasumsikan informasi laporan keuangannya. Tujuan pendirian perusahaan adalah memaksimalkan proses administrasi dan pemasaran produk untuk meningkatkan omzet entitas selama kegiatan produksinya.

Perubahan kebijakan estimasi akuntansi dan koreksi kesalahan dapat dilakukan auditor setelah melaksanakan pekerjaan lapangan. Standar auditing bertujuan agar entitas mematuhi prinsip dan aturan dasar pemberian informasi keuangan sejalan aktivitas bisnis yang telah diselenggarakannya dimasa lampau.

Contoh soal perubahan kebijakan akuntansi, estimasi akuntansi dan koreksi kesalahan hendaknya mencantumkan seluruh informasi yang diperlukan. Pengertian kebijakan akuntansi adalah prosedur untuk menciptakan pendapatan dan beban sebagai dasar pemberian informasi keuangan sesuai periodenya.

Baca Juga: Contoh Soal Pajak Kini dan Pajak Tangguhan

Demikian contoh soal perubahan taksiran umur manfaat aktiva tetap dan jurnal penyesuaian beban penyusutan aset tetap metode garis lurus dan metode saldo menurun berganda. Laporan keuangan digunakan oleh pihak eksternal untuk mengevaluasi kinerja perusahaan berdasarkan sumber daya yang dimilikinya.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Perubahan Taksiran Umur Manfaat Aktiva Tetap dan Jawabannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel