Contoh Jurnal Pembelian Secara Tunai dan Kredit Perusahaan Dagang

Contoh jurnal pembelian secara tunai dan kredit perusahaan dagang harus diselenggarakan karena entitas telah mengeluarkan kas dan setara kas membeli

Konten [Tampil]

Contoh jurnal pembelian secara tunai dan kredit perusahaan dagang harus diselenggarakan karena entitas telah mengeluarkan kas dan setara kas untuk membeli barang atau membayarkan biaya administrasi. Transaksi apa saja yang masuk dalam jurnal pembelian adalah segala aktivitas yang mengeluarkan kas kecil.

Contoh soal jurnal pembelian dan jurnal pengeluaran kas perusahaan jasa dan dagang menjadi aktivitas yang berulang. Jurnal khusus adalah jurnal mencatat transaksi yang berulang kali terjadi untuk kejadian yang hampir sama seperti penjualan, pembelian, penerimaan kas dan pengeluaran kas setiap periodenya.

Apa perbedaan jurnal pembelian, jurnal penjualan, jurnal penerimaan kas dan jurnal pengeluaran kas terletak pada jenis transaksi dengan pelanggan atau pemasok. Supplier dan customer merupakan pihak yang terikat kontrak kerjasama dalam proses pengadaan barang melalui perusahaan sesuai targetnya.

Contoh Jurnal Pembelian Secara Tunai dan Kredit Perusahaan Dagang

Apa Saja yang Dicatat pada Jurnal Pembelian dan Jurnal Pengeluaran Kas

Apa saja yang dicatat pada jurnal pembelian dan jurnal pengeluaran kas melalui jurnal umum dan jurnal khusus perusahaan dagang bergantung kepada transaksi yang hendak dilaksanakannya. Transaksi adalah segala aktivitas perusahaan yang memerlukan pengorbanan kas dan setara kas untuk mendapatkannya.

Perbedaan jurnal pembelian, jurnal penjualan, jurnal penerimaan kas dan jurnal pengeluaran kas harus diketahui setelah akuntan memahami siklus akuntansi. Siklus akuntansi adalah prosedur pencatatan transaksi yang diawali dengan didapatkannya bukti transaksi yang valid dari pemasok atau pelanggan perusahaan.

Apa saja yang dicatata pada jurnal pengeluaran kas dan jurnal pembelian adalah barang atau jasa yang didapatkan perusahaan dari para pemasoknya. Pemasok adalah pihak yang mau menyediakan barang dan jasa sesuai keinginan dari perusahaan untuk membantu kegiatan produksi atau memenuhi stock barang jadi.

Baca Juga: Contoh Kertas Kerja Audit Pemeriksaan Kas dan Setara Kas

Contoh Soal Jurnal Pembelian Secara Tunai dan Cara Membuatnya

Contoh soal jurnal pembelian secara tunai dan cara membuatnya adalah metode pembayaran tagihan sebelum barang dikirimkan dari pemasok. Perusahaan berkewajiban membayarkan pesanannya secara tunai baik melalui transfer bank atau pemberian bilyet giro agar aktivitas perusahaan berjalan sesuai keinginannya.

Contoh jurnal pembelian secara tunai akan terjadi ketika perusahaan baru mencari pemasok baru. Pada awal-awal transaksi, belum tentu pemasok mau memberikan termin pembayaran secara kredit karena harus melalui beberapa proses penilaian credit score atas pembayaran tunai yang telah dilaksanakannya.

Contoh soal jurnal pembelian secara tunai dan cara membuatnya terjadi pada PT Kakraffi yang membeli barang dagang sebanyak 80 buah dengan harga Rp 125.000 belum termasuk ppn. Bagaimana langkah-langkah membuat jurnal khusus pembelian barang dengan ppn 11% atas transaksi tersebut?

TanggalKeterangan Debit Kredit
03/03/2022Persediaan Rp 10.000.000
PPN Masukan Rp 1.100.000
Kas Rp 11.100.000
(Jurnal pembelian barang secara tunai)

Baca Juga: Perbedaan Penjualan Tunai, Penjualan Konsinyasi dan Penjualan Cicilan

Contoh Soal Jurnal Pembelian dan Jurnal Pengeluaran Kas

Contoh soal jurnal pembelian dan jurnal pengeluaran kas dapat dicatat pada jurnal khusus. Jurnal khusus adalah jurnal pencatatan atas transaksi berulang-ulang yang dimiliki perusahaan. Setiap transaksi harus didukung oleh bukti yang valid seperti kuitansi dan invoice yang diterbitkan pemasok.

Perbedaan jurnal penjualan, jurnal pembelian dan jurnal penerimaan kas terletak pada akun yang dipergunakannya. Pada perusahaan dagang, transaksi pembelian dan penjualan menjadi aktivitas yang sering dilaksanakan dan cenderung memiliki kesalahan ketika memposting ke buku besar pembantu piutang dagang.

Contoh soal jurnal pembelian secara tunai dan kredit pada perusahaan dagang terjadi pada PT Kakraffi yang diberikan termin pembayaran 2/10 n/30. 2/10 n/30 artinya perusahaan diberikan diskon 2 persen ketika mampu membayarkan dalam waktu 10 hari dengan batas maksimal pembayarannya selama 30 hari.

Adapun cara membuat jurnal pembelian barang secara kredit adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
03/03/2022Persediaan Rp 10.000.000
PPN Masukan Rp 1.100.000
Hutang Dagang Rp 11.100.000
(Jurnal pembelian barang secara kredit)
31/03/2022Hutang Dagang Rp 11.100.000
Kas di Bank Rp 11.100.000
(Jurnal pembayaran barang)

Baca Juga: Kesalahan dalam Proses Pembuatan Neraca Saldo

Demikian contoh  jurnal pembelian secara tunai dan kredit pada perusahaan dagang dan jasa dalam siklus akuntansi. Posting ke buku besar menjadi aktivitas berikutnya setelah entitas melaksanakan proses pembuatan jurnal umum dan jurnal khusus berdasarkan transaksi bisnis yang dilaksanakannya.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Jurnal Pembelian Secara Tunai dan Kredit Perusahaan Dagang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel