Contoh Soal Revaluasi Aktiva Tetap dan Jawabannya

Contoh soal revaluasi aktiva tetap dan jawabannya merupakan perhitungan atas kekayaan perusahaan yang dinilai berdasarkan harga wajar sesuai penilaian

Konten [Tampil]

Contoh soal revaluasi aktiva tetap dan jawabannya merupakan perhitungan atas kekayaan perusahaan yang dinilai berdasarkan harga wajar sesuai penilaian appraisal. Jasa appraisal adalah jasa berkaitan dengan penggunaan informasi dan klasifikasi aset berdasarkan nilai wajar periode berjalan.

Contoh perhitungan revaluasi aktiva tetap metode proporsional dan metode eliminasi menjadi bagian dalam siklus akuntansi berterima umum. Setiap tambahan manfaat ekonomis wajib didistribusikan ke dalam beberapa jenis pendapatan sesuai tujuan pembentukan perseroan terbatas.

Makalah penilaian kembali aset tetap harus dapat diukur dengan andal sesuai karakteristik informasi keuangan. Revaluasi dapat dilakukan setiap periodenya untuk memastikan jumlah tercatat tidak berbeda auh dengan nilai wajar per tanggal neraca saldo. Kapan penilaian kembali aktiva dilakukan sesuai keinginan perusahaan.

Contoh Soal Revaluasi Aktiva Tetap dan Jawabannya

Apa itu Nilai Buku dan Nilai Wajar

Apa itu nilai buku dan nilai wajar adalah harga jual dan harga kesepakatan antara penjual dan pembeli sesuai masa transaksi berlangsung. Nilai buku berkaitan dengan prosedur penilaian berdasarkan harga perolehan dikurangi akumulasi penyusutan aktiva yang dilaksanakan setiap periodenya.

Pengertian nilai wajar adalah nilai sekarang dari aktiva yang telah dibeli perusahaan dimasa lampau. Pengukuran unsur laporan keuangan adalah proses menetapkan nilai nominal yang tercantum pada jurnal umum atas bukti transaksi yang diperoleh. Adapun dasar pengukurang transaksi terdiri dari biaya historis, biaya kini, nilai realisasi netto dan niai kini.

Pengertian nilai buku adalah selisih antara harga perolehan dengan akumulasi penyusutan. Proses penyusutan dapat disesuaikan dengan aturan perpajakan untuk meghindari adanya aktiva dan kewajiban pajak tangguhan. Pembayaran pajak penghasilan sebaiknya disesuaikan target manajemennya.

Baca Juga: Cara Input Saldo Awal Aktiva Tetap di Accurate beserta Akumulasi Penyusutannya

Contoh Soal Revaluasi Aktiva Tetap Metode Proporsional dan Jawabannya

Contoh soal revaluiasi aktiva tetap metode proporsional dan jawabannya hendaknya menjadi dasar bagi akuntan perusahaan untuk memaksimalkan keuntungannya. Setiap tambahan manfaat ekonomis menjadi objek pajak penghasilan yang harus dilaporkan setiap kali wajib pajak mendapatkannya.

Contoh perhitungan revaluasi aktiva tetap dan jawabannya dapat menggunakan nilai kini. Nilai kini adalah biaya yang diperoleh perusahaan saat ini. Nilai historis adalah biaya yang dikeluarkan perusahaan per tanggal bukti transaksi di dapatkan dari lawan transaksi atau supplier entitas.

Contoh soal revaluasi aktiva tetap metode proporsional terjadi pada PT Kakraffi yang meminta jasa appraisal untuk menilai ulang tanah dengan harga perolehan Rp 8.000.000. Menurut appraisal, nilai wajar tanah sekarang adalah Rp 50.000.000. Bagaimana jurnal penilaian kembali aset tetap yang harus dibuat?

Baca Juga: Contoh Soal Essay Persamaan Dasar Akuntansi Keuangan

Jurnal Penilaian Kembali Aset Tetap (Revaluasi Aktiva Tetap)

Jurnal penilaian kembali aset tetap dapat diselenggarakan secara wajar agar entitas mendapatkan keuntungan ditahun berjalan. Penghasilan diakui Ketika terjadi peningkatan aset atau penurunan liabilitas yang dapat diukur dengan andal. Keandalan bukti transaksi menentukan Kualitas informasi yang dihasilkan.

Contoh soal revaluasi aktiva tetap dan jawabannya dapat dibuatkan jurnal pada saat entitas mendapatkan bukti pembayaran kepada jasa appraisal. Tarif penilaian kembali aset untuk pembayaran pajak adalah 10% dari surplus revaluasi yang didapatkan setiap kekayaan yang dinilai ulang.

Jurnal penilaian kembali aset tetap dibuat setelah entitas menerapkan kebijakan akuntans berterima umum. Konsep pemeliharaan modal hendaknya disesuikan kebutuhan dari perusahaan Ketika melakukan pengukuran daya beli atas kemampuan usaha entitas. Adapun jurnal revaluasi aset tetap yang dibuat adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/05/2022Aktiva Tetap Rp 48.000.000
Akumulasi Penyusutan Aktiva Tetap Rp -
Suplus revaluasi Rp 48.000.000
Beban PPh Pasal 4 Ayat 2 Rp 4.800.000
Hutang PPh Pasal 4 Ayat 2 Rp 4.800.000

Baca Juga: Contoh Soal Rekonsiliasi Bank Bentuk Skontro

Demikian contoh soal revaluasi aset tetap dan jawabannya dalam materi akuntansi keuangan menengah setelah adanya pertukaran aktiva tetap sejenis. Makalah penilaian kembali aset tetap dapat dipergunakan secara wajar agar mahasiswa mengetahui ilustrasi pendapatan yang diterima perusahaan

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Revaluasi Aktiva Tetap dan Jawabannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel