Contoh Soal Akuntansi Kantor Pusat dan Kantor Agen

Contoh soal akuntansi kantor pusat dan kantor agen menjadi salah satu materi akuntansi keuangan lanjutan sesuai makalah kantor cabang yang didirikan

Konten [Tampil]

Contoh soal akuntansi kantor pusat dan kantor agen menjadi salah satu materi akuntansi keuangan lanjutan. Masalah umum dan masalah khusus kantor cabang menjadi pembahasan untuk dibuatkan jurnal pencatatan transaksi sesuai jenis laporan keuangan konsolidasi yang dibuat oleh induk perusahaannya.

Kantor pusat, kantor agen dan kantor cabang menjadikan perusahaan memiliki tanggungjawab melaporan kekayaannya setiap tahunnya. Satu tahun fiskal adalah satu tahun kalender masehi. Hak kantor agen adalah menerima persediaan barang sampel, pembayaran biaya promosi dan biaya gaji karyawan administrasi.

Contoh soal akuntansi kantor agen, kantor cabang dan kantor pusat mengharuskan pembuatan laporan keuangan konsolidasi. Bagaimana sistem akuntansi di kantor agen? kantor agen dapat menerapkan sistem kas kecil metode imprest atau metode fluktuasi sejalan dengan penerapan sistem pengendalian internal perusahaan.

Contoh Soal Akuntansi Kantor Pusat dan Kantor Agen

Bagaimana Sistem Akuntansi Di Kantor Cabang dan Agen?

Bagaimana sistem akuntansi di kantor cabang dan agen bergantung pada kebijakan akuntansi yang diterapkan perusahaan. Sistem pengendalian internal akan mempengaruhi pelaksanaan pengelolaan kas dan persediaan barang. Barang sampel dapat menggunakan sistem perpetual atau sistem periodik untuk menghitung nilai akhirnya.

Bagaimana sistem akuntansi di kantor agen? agen dapat menerapkan sistem imprest ketika mengelola modal dan menerapkan sistem perpetual ketika mengelola persediaan barang sample. Kantor agen hanya bertindak sebagai perwakilan perusahaan di daerah terdekat dengan calon pelanggan yang potensial.

Contoh soal akuntansi kantor pusat dan kantor agen perlu mempertimbangkan kesalahan penerapan sistem pengendalian internal. Bagaimana sistem akuntansi keuangan lanjutan terhadap kantor agen dan kantor pusat? Entitas dapat menggunakan metode imprest dan metode perpetual ketika menjalankan aktivitas bisnisnya.

Baca Juga: Cara Export Import PPn di Accurate ke E-Faktur Pajak

Contoh Soal Laporan Keuangan Kantor Pusat dan Agen

Contoh soal laporan keuangan kantor pusat dan agen dapat dibuatkan catatan atas laporan keuangan dimana kantor pusat yang bertanggungjawab membuat laporan konsolidasinya. Neraca saldo disesuaikan dengan menggunakan rekening resiprokal atas kas dan persediaan yang dikeluarkan.

Contoh soal akuntansi kantor pusat dan kantor agen akan menerapkan pengelolaan kas sebagai modal agen dengan sistem kas kecil metode imprest. Kas kecil metode dana tetap adalah pengelolaa dana dimana kas kecil ditentukan terlebih dahulu oleh manajemen dan hanya boleh diisi sesuai nominal awalnya.

Contoh soal laporan keuangan kantor pusat dan agen terjadi ketika PT Kakraffi yang mendirikan agen di kota surakarta. Selama operasional kantor agen telah meminta beberapa transaksi ke kantor pusat. Informasi riwayat permintaan barang dan modal oleh kantor agen sebagai berikut:

  • Permintaan barang sampel dengan harga Rp 900.000
  • Pengiriman kas sebagai modal sebesar Rp 1.009.000
  • Penjualan lewat agen dengan harga pokok Rp 800.000 dan harga jual Rp 1.200.000
  • Biaya promosi dan pemeliharaan sebesar Rp 90.000
  • Pembayaran gaji administrasi dan pemasaran sebesar Rp 124.000

Baca Juga: Cara Menghitung Cadangan Kerugian Piutang dan Contoh Soalnya

Jurnal Akuntansi Kantor Agen oleh Kantor Pusat

Jurnal akuntansi kantor agen oleh kantor pusat dapat dibuat ketika terdapat kepastian tentang pendapatan dan biaya yang diakui. Mengapa kantor agen tidak melaksanakan pembukuan sendiri? karena agen memiliki transaksi sedikit dan hanya berperan sebagai tempat singkah marketingnya.

Contoh soal akuntansi kantor pusat dan agen berlaku selama satu periode. Kantor agen wajib memberikan laporan jumlah kas dan persediaan diakhir periode secara perpetual. Sistem perpetual akan mencatat secara rinci pengeluaran perusahaan untuk membiayai kegiatan operasionalnya.

Jurnal akuntansi kantor agen dapat dibuat oleh kantor pusat ketika terjadi pengiriman barang dan permintaan kas sesuai kebutuhan agen. Berdasarkan contoh soal akuntansi kantor agen, maka kantor pusat dapat membuat pencatatan sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/04/2022Persediaan sampel Rp 900.000
pengiriman barang ke agen Rp 900.000
02/04/2022Modal kerja agen Rp 1.009.000
Kas Rp 1.009.000
12/04/2022Piutang dagang Rp 1.200.000
HPP Rp 800.000
Penjualan Agen Rp 1.200.000
Persediaan barang Rp 800.000
18/04/2022Biaya promosi Rp 90.000
Kas Rp 90.000
30/04/2022Biaya gaji Rp 124.000
Kas Rp 120.900
Hutang PPh Pasal 21 Rp 3.100
30/04/2022Penjualan agen Rp 1.200.000
Biaya promoso Rp 90.000
Biaya gaji Rp 124.000
HPP agen Rp 800.000
Laba Agen Rp 186.000

Baca Juga: Download Makalah Kantor Pusat dan Agen

Demikian contoh soal akuntansi kantor pusat dan kantor agen yang wajib diungkapkan pada catatan atas laporan keuangan tahunan. Asersi manajemen bertujuan agar wajib pajak dapat mengklasifikasikan transaksi sesuai kriteria pendapatan dan beban selama operasional berjalan.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Akuntansi Kantor Pusat dan Kantor Agen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel