Contoh Soal Analisis Time Series dan Forcasting Data Keuangan

Konten [Tampil]

Contoh soal analisis time series dan forcasting data keuangan menjadi materi analisis laporan keuangan untuk mengetahui sejauh mana perusahaan dapat bekembang. Merger adalah tindakan perusahaan menggabungkan diri dengan entitas lain menggunakan nama baru dengan ide bisnis yang berbeda dari sebelumnya.

Analisis time series dan forcasting data keuangan diperlukan agar perusahaan mengetahui tingkat trend, musiman, siklus dan ketidakteraturan informasi keuangan. Manfaat analisis ex-post dan ex-ante diberlakukan untuk memudahkan perusahaan mengevaluasi karakteristik laporan di akuntansi keuangannya.

Pertanyaan tentang analisis time series berkaitan dengan berapa lama tahun yang dapat dipergunakan? hal ini diberlakukan mengikuti informasi yang diinginkan perusahaan. Data time series minimal 5 tahun karena bukti transaksi akan disimpan selama beberapa tahun terutama berkaitan informasi perpajakan di perusahaan.

Contoh Soal Analisis Time Series dan Forcasting Data Keuangan

Apa yang Anda Ketahui Tentang Analisis Time Series

Apa yang anda ketahui tentang analisis time series akan dilakukan oleh perusahaan sebagai dasar pendekatan ekonomi dan visual. Perubahan struktural yang mempengaruhi trend keuangan perusahaan diakibatkan adanya perubahan pada peraturan pemerintah, kompetensi, teknologi dan aktivitas merger entitas.

Pengertian analisis time series menurut para ahli adalah metode mencari informasi yang dilakukan berdasarkan laporan keuangan yang dikumpulkan selama tahun berurutan. Forcasting berguna untuk meramalkan atau memproyeksikan kejadikan dimasa depan berdasarkan data yang telah dikumpulkan tersebut.

Mengapa analisis time series juga mesti digabungkan dengan analisis time series industri? karena setiap perusahaan memiliki kebijakan akuntansi yang berbeda terutama dalam bidang perpajakan. Teknik dan pendekatan time series dapat menggambarkan sebuah trend dengan tangan atau model matematika.

Baca Juga: Contoh Kasus Cara Menghitung Rasio Solvabilitas

Pertanyaan Tentang Analisis Time Series dan Forcasting Data Keuangan

Pertanyaan tentang analisis time series dan forcasting data keuangan selalu dikaitkan dengan lamanya penelitian yang dilakukan. Minimal data keuangan yang dikumpulkan adalah 5 tahun agar perusahaan menemukan trend. Trend adalah informasi atau kejadian perusahaan yang dilakukan dalam jangka panjang.

Apa yang mempengaruhi analisis time series berkaitan dengan informasi data keuangan terutama trend, siklus, musiman dan ketidakteraturan. Pendekatan forcasting data keuangan yang dapat dilakukan melalui informasi tentang ekonomi, visual dan statistik menggunakan program spss atau amos.

Pertanyaan tentang analisis time series tentu berkaitan dengan data yang digunakan. Time series merupakan informasi yang dikumpulkan berdasarkan urutan waktu kejadian di laporan keuangan. Manfaat time series adalah informasi yang didapatkan perusahaan lebih akurat daripada cross section.

Baca Juga: Contoh Soal dan Cara Menghitung Data Cross Section

Contoh Kasus Forcasting Data Keuangan dan Analisis Time Series

Contoh kasus forcasting data keuangan dan analisis time series bermanfaat untuk menentukan produk yang sedang diminati pelanggan. Persediaan barang dagang yang terlalu lama di gudang dapat berubah warna, rusak bahkan hilang sehingga tidak dapat menghasilkan pendapatan kena pajak di perusahaan.

Contoh soal dan jawaban analisis time series bertujuan memproyeksikan kemungkinan penjualan dimasa depan. Pendekatan dalam analisis time series akan membantu perusahaan menentukan sudut pandang ramalan dalam bidang ekonomi, lingkungan dan statisik visual melalui program matematika.

Contoh perhitungan time series memerlukan data sesuai urutan tahun atau periode yang telah berlalu. Pada PT Kakraffi selalu melaporkan spt tahunan badan dan didapatkan informasi penjualan barang dan trend produk yang sedang diminati pelanggan sebagai berikut ini.

TahunXPenjualan (Y)XYX2Trendpersentase Trend
201814454451389114%
20192302604453457%
202038312.4939237351%
202142571.02816209123%
202256583.29025592111%
JUMLAH152493786055

Kegunaan analisis deret waktu menunjukkan bahwa terjadi ketidakstabilan permintaan barang oleh pembeli yang mengakibatkan perusahaan berusaha memberikan penawaran harga menarik agar produk dapat menyesuaikan kebutuhan pelanggan.

Baca Juga: Pengertian dan Contoh Soal Rasio Profitabilitas

Demikian contoh soal analisis time series dan forcasting data keuangan perusahaan manufaktur, jasa dan dagang. Informasi adalah segala sesuatu yang berharga bahkan seseorang mau membayar untuk memperoleh keterangan dari pihak lainnya. Analisis laporan keuangan berperan membantu manajemen perusahaan menentukan kebijakannya.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Analisis Time Series dan Forcasting Data Keuangan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel