Contoh Soal dan Jawaban Biaya Kualitas dan Produktivitas

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban biaya kualitas dan produktivitas berguna untuk menentukan pengeluaran perusahaan ketika membiayai jaminan, daya tanggap dan empati karyawan. Perhitungan biaya kualitas akuntansi manajemen menggunakan menggunakan metode multiplier dan metode taguchi quality loss function.

Pertanyaan makalah biaya kualitas dan produktivitas akuntansi manajemen menjadi pembahasan karena akan mengurangi pendapatan perusahaan periode berjalan. Perusahaan wajib melaksanakan perhitungan produktivitas dan biaya kualitas agar dapat menentukan pertanggungjawaban barang setelah diterima pelanggan.

Hubungan antara biaya kualitas dengan produktivitas akan menghasilkan barang jadi sesuai input bahan baku. Cara menekan biaya kualitas adalah memberikan pencegahan terhadap kehadiran produk cacat dengan memperjualbelikan barang kualitas kedua untuk memperoleh penghasilan lain-lain atau pengurangn hpp.

Contoh Soal dan Jawaban Biaya Kualitas dan Produktivitas

Cara Meningkatkan Produktivitas dan Biaya Kualitas Produk

Cara meningkatkan produktivitas dan menurunkan biaya kualitas produk adalah memperbaiki kinerja mesin dan sumber daya manusia. Penyusutan dan pemeliharaan mesin akan memberikan produk berkualitas tanpa diadakannya aktivitas pencegahan atas kegagalan pembuatan produk oleh operator mesin.

Cara menekan biaya kualitas produk dan meningkatkan produktivitas penjualan barang dilaksanakan dengan menerapkan pendekatan nilai target dan pendekatan kualitas optimal. Kinerja produk diukur berdasarkan daya tanggap, empati karyawan dan jaminan penggunaan produk selama periode yang dijanjikan.

Biaya kualitas dan produktivitas akuntansi manajemen menjadi pertimbangan agar perusahaan memperoleh keuntungan maksimal dari penyerahan barang yang diperdagangkan. Manajemen persediaan akan mencegah terjadinya kerusakan barang, keusangan barang bahkan ketinggalan zaman.

Baca Juga: Macam-Macam Biaya Kualitas

Hubungan Biaya Kualitas dengan Produktivitas

Hubungan biaya kualitas dengan produktivitas akan menekan pengeluaran perusahaan dalam menghasilkan laba rugi. Laporan laba rugi harus dilaporkan setiap periode seperti sebulan sesuai standar akuntansi keuangan. Akuntansi manajemen memperbolehkan perusahaan membuat format laporan sendiri.

Jelaskan hubungan biaya kualitas dan produktivitas adalah produk yang berkualitas baik akan meningkatkan omzet perusahaan sebagai tambahan penghasilan dan pengurang harga pokok produksi. HPP adalah biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk membeli persediaan yang hendak diperdagangkan.

Hubungan profitabilias, biaya kualitas dan produktivitas adalah laba perusahaan akan bertambah ketika entitas mampu melakukan penghematan bahan baku untuk menghasilkan barang yang sama. Manajemen persediaan akan membantu mengalokasikan kas sebagai sumber aktiva dalam catatan atas laporan posisi keuangan.

Baca Juga: Format Laporan Biaya Kualitas dan Pertanyaannya

Contoh Soal Laporan Biaya Kualitas dan Produktivitas

Contoh soal laporan biaya kualitas akan dibedakan menjadi biaya kegagalan produk dan biaya pencegahan. Biaya kegagalan produk akan meningkat ketika perusahaan tidak menerapkan kebijakan tentang pencegan produk cacat atau barang yang tidak sesuai kualitas yang dipertahankan oleh perusahaan.

Pengukuran dan pelaporan biaya kualitas akan membebani perusahaan terkait arus kas keluar dan masuk. Biaya kualitas dapat diukur berdasarkan biaya kualitas dapat diamati atau observable quality cost dan biaya kualias yang tersembunyi atau hidden quality cost yang dipertanggungjawabkan perusahaan.

Contoh soal dan jawaban laporan produktivitas dan biaya produksi terjadi pada PT Kakraffi yang memberikan pelayanan purna jual dengan membebankan anggaran sebesar Rp 41.000.000 untuk biaya pencegahan dan Rp 22.000.000 untuk biaya kegagalan. Bagaimana cara menghitung biaya produksi tahun berjalan?

Laporan Biaya Kualitas
PT. Kakraffi
Keterangan BiayaJumlah
- Biaya Pencegahan Rp 41.000.000
- Biaya Kegagalan Rp 22.000.000
Jumlah Rp 63.000.000

Baca Juga: Contoh Kasus Activity Based Costing dan Activity Based Management

Demikian contoh soal dan jawaban biaya kualitas dan produktivitas akuntansi manajemen. Aktivitas pencegahan terdiri dari biaya penilaian dan kegagalan yang dialokasikan menjadi penambah harga pokok penjualan. Laba kotor didapatkan perusahaan setelah mengurangkan hpp dengan penghasilan yang diterimanya.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal dan Jawaban Biaya Kualitas dan Produktivitas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel