Pertanyaan Tentang Audit Pemeriksaan Ekuitas Pemegang Saham

Konten [Tampil]

Pertanyaan tentang audit pemeriksaan ekuitas pemegang saham akan dilakukan oleh akuntan publik ketika selesai memeriksa hutang jangka panjang. Modal adalah bagian dari sumber daya keuangan yang berasal dari investor dan perusahaan berkewajiban memberikan dividen sebagai imbal balik atas investasinya.

Contoh soal dan jawaban pemeriksaan ekuitas atau modal pemegang saham hendaknya dilakukan karena berkaitan dengan pembagian dividen dan mempertahankan laba ditahan. Laba ditahan adalah keuntungan yang didapatkan perusahaan tetapi tidak dibagikan ke pemegang saham dalam bentuk dividen tunai atau dividen saham.

Contoh kasus pembagian dividen dari laba ditahan menjadi kewajiban perusahaan agar investor tetap mempertahankan dananya dientitas tersebut. Kertas kerja pemeriksaan ekuitas hendaknya dikaitkan dengan besarnya modal disetor, jenis saham dan rincian para pemegang saham sesuai hak kontrolnya.

Pertanyaan Tentang Audit Pemeriksaan Ekuitas Pemegang Saham

Tujuan dan Prosedur Pemeriksaan Ekuitas

Tujuan dan prosedur pemeriksaan ekuitas atau modal pemegang saham perlu mempertimbangkan jenis saham yang beredar. Perbedaan saham preferen dan saham biasa terletak pada pembagian dividen ketika entitas memperoleh keuntungan dimana saham preferen akan diprioritaskan pembayarannya.

Pemeriksaan modal atau ekuitas bertujuan memperoleh informasi tentang perizinan proses produksi barang dagang. Prosedur pemeriksaan ekuitas perlu menggunakan internal control questionnaires dan flowchart agar aliran dokumen mudah diketahui dan memberikan informasi kelebihan sistem pengendalian internalnya.

Akuntansi ekuitas untuk perseroan terbatas memiliki beberapa karakteristik seperti modal disetorkan diakui sebagai saham. Penambahan modal disetor oleh investor dilakukan dalam bentuk pemberian kas, selisih kurs mata uang asing dan keuntungan dari aktivitas operasional dimasa lalu sebagai retained earning.

Baca Juga: Format Laporan Likuidasi Persekutuan atau Firma

Contoh Kertas Kerja Pemeriksaan Ekuitas

Kertas kerja pemeriksaan ekuitas perusahaan dapat berbentuk supporting schedule dan top schedule sebagai prioritas pembayaran yang akan dilaksanakan. Setoran saham dalam bentuk aktiva non kas harus dinilai berdasarkan harga wajarnya yaitu harga jual yang diberikan oleh apraisal.

Pertanyaan tentang audit ekuitas pemegang saham dapat menjadikan perusahaan mengetahui tingkat keuntungan dan kerugian ditahun berjalan melalui rasio perputaran persediaan. Revaluasi aktiva tetap adalah proses penilaian kembali nilai aktiva berdasarkan harga wajarnya dan diwajibkan membayar pajak penghasilan.

Makalah pemeriksaan ekuitas dapat menjadi aturan tentang pedoman dalam membuat persamaan dasar akuntansi. Struktur permodalan perusahaan harus diterangkan dalam akta pendirian dan hak-hak yang diterima oleh sekutu yang memiliki saham terbanyak atas hak kontrolnya pada catatan atas laporan posisi keuangan.

Baca Juga: Contoh Perhitungan Biaya Berdasarkan Job Order Costing

Contoh Soal dan Jawaban Audit Pemeriksaan Modal Investor

Contoh soal dan jawaban audit pemeriksaan modal investor dilakukan oleh entitas dalam rangka mewujudkan sistem pengendalian internal yang baik di perusahaan. Dokumen pendukung atas transaksi ekuitas adalah akta pendirian, sk pengesahan pembangunan dan perizinan produksi yang dijadikan sebagai permanent file.

Kertas kerja pemeriksaan ekuitas harus mencantumkan informasi tentang jumlah modal dasar, modal ditempatkan, modal disetorkan termasuk premium dan diskonto saham biasa dan saham preferen. Rincian para pemegang saham harus dicantumkan agar dapat diselenggarakan rapat umum pemegang saham.

Contoh soal audit ekuitas saham biasa dan saham preferen dijadikan dasar bagi akuntan publik untuk menentukan tingkat kewajaran saldo di laporan keuangan. Laporan perubahan modal PT Kakraffi bersaldo Rp 489.000.000 dimana temuan akuntan publik mengindikasikan terjadi kesalahan pencatatan biaya asuransi sebesar Rp 14.620.000.

Bagaimana cara membuat audit adjustment yang harus dicatat oleh perusahaan?

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2021Beban Asuransi 14.620.000
Laba Ditahan 14.620.000

Baca Juga: Contoh Soal Forcasting Data Keuangan dan Analisis Time Series

Demikian pertanyaan tentang audit pemeriksaan ekuitas pemegang saham yang menjadi awal dari penentuan kewajaran laporan keuangan. Akuntan publik dapat memberikan salah satu dari 5 opini. Opini terbaik bagi perusahaan ketika akuntan memberikan opini wajar tanpa pengecualian.

Belum ada Komentar untuk "Pertanyaan Tentang Audit Pemeriksaan Ekuitas Pemegang Saham"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel