Contoh Soal dan Jawaban Perubahan Persekutuan Menjadi Perseroan Terbatas

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban perubahan persekutuan menjadi perseroan terbatas menjadi hak masing-masing anggota pasif dan aktif. Firma yang diubah menjadi PT dapat menggunakan buku-buku persekutuan lama atau menggunakan buku baru bergantung kebijakan akuntansi yang diterapkan berdasarkan RUPS.

Makalah perubahan bentuk persekutuan menjadi perseroan terbatas menjadi upaya sekutu memperoleh keuntungan atau laba tahun berjalan. Perbedaan persekutuan dan perseroaan terbatas adalah ijin mendirikan usaha dan tanggungjawab pemilik terhadap liabilitas perusahaan pada akhir periode.

Contoh soal perubahan pemilikan persekutuan karena masuknya anggota sekutu baru atau keluarnya anggota sekutu lama berakibat pada modal saham yang akan diterbitkan. Modal saham adalah penyetoran pemilik sebagai tambahan aktiva dalam menjalankan kegiatan operasional guna memperoleh laba tahun berjalan.

Contoh Soal dan Jawaban Perubahan Persekutuan Menjadi Perseroan Terbatas


Perbedaan Firma, Persekutuan Komanditer dan Persekutuan Terbatas

Perbedaan firma dan persekutuan komanditer adalah hak dan kewajiban yang dijalankan masing-masing sekutu dalam rangka memperoleh keuntungan. Sekutu firma memiliki tanggungjawab tidak terbatas pada harta yang telah disetorkannya saja melainkan akan melibatkan seluruh harta pribadi ketika usahanya menderita kerugian.

Perbedaan persekutuan komanditer dan persekutuan terbatas adalah modal perusahaan dapat dipindahtangankan secara mudah. Kapan cv berubah menjadi PT bergantung pada akta pendirian yang telah diubah oleh masing-masing sekutu dan pelaksanaan hak serta tanggungjawab sekutu pasif dan sekutu aktif.

Perbedaan persekutuan dan perseroaan terbatas tentu melibatkan pertimbangan tentang keamanan harta pribadi masing-masing sekutu. Usia firma lebih pendek dibandingkan usia persekutuan terbatas karena umur firma dipengaruhi oleh perubahan akta pendirian seperti adanya sekutu baru masuk atau sekutu lama keluar.

Baca Juga: Contoh Kasus Perubahan Kebijakan Akuntansi dan Koreksi Kesalahan

Makalah Perubahan Bentuk Persekutuan Menjadi Perseroan Terbatas (PT)

Makalah perubahan bentuk persekutuan menjadi perseroan terbatas berisi tentang mekanisme baru dalam menjalankan kegiatan operasiona. Perseroan terbatas meneruskan pencatatan buku persekutuan dapat terjadi dengan melakuan penyesuaian terhadap laporan posisi keuangan sebelum likuidasi firma.

Perubahan persekutuan menjadi perseroan terbatas biasanya akan dilakukan karena perusahaan ingin memperoleh tambahan modal bukan dari pendiri perusahaan. Modal perseroan terbatas terdiri dari modal saham. Modal persekutuan terdiri dari setoran kekayaan masing-masing anggota dan jaminan harta pribadinya.

Makalah perubahan bentuk persekutuan menjadi perseroaan terbatas harus menyesuaikan nilai buku aktiva dan hutang perusahaan. Pembagian laba rugi persekutuan dan pengakuan adanya goodwill serta bonus untuk masing-masing sekutu akan mempengaruhi pembagian saham perseroaan terbatas kepada sekutu-sekutunya.

Baca Juga: Cara Menghitung Pembagian Laba Rugi Persekutuan

Contoh Kasus Perubahan Persekutuan Menjadi Perseroan Terbatas

Contoh kasus perubahan persekutuan menjadi perseroan terbatas hampir sama dengan materi pembubaran atau likuidasi firma. PT akan mengakui adanya agio saham ketika modal yang disetorkan diakui lebih tinggi daripada nilai nominal saham yang telah diterbitkan perusahaan.

Contoh soal dan jawaban perubahan persekutuan menjadi perseroan terbatas diharuskan menyesuaikan dengan nilai buku dengan nilai wajar pada saat transaksi dilakukan. Proses revaluasi aktiva tetap akan dikenakan pajak penghasilan pasal 4 ayat 2 yang dipersamakan dengan pajak pertambahan nilai.

Contoh kasus perubahan firma menjadi persekutuan terjadi pada Firma Anugerah yang telah didirkan oleh deni, dena, deno. Pembagian laba rugi persekutuan dilaksanakan dengan metode persentase sebesar 4:3:5. Firma akan diubah menjadi PT tetapi tidak melalui proses penyesuaian laporan posisi keuangan. Adapun Neraca Saldo Awal Pendirian Firma adalah:

Persekutuan Anugerah
Neraca Saldo
Per 31 Desember 2020
Kas Rp 189.060.000 Hutang Usaha Rp 189.060.000
Piutang Usaha Rp 94.530.000
Cadangan kerugian Piutang Rp 47.265.000 Modal Deni Rp 425.385.000
Persediaan Rp 141.795.000 Modal Dena Rp 141.795.000
Tanah Rp 302.496.000 Modal Deno Rp 189.060.000
Bangunan Rp 122.889.000
Akumulasi Penyusutan Bangunan Rp 47.265.000
Jumlah Aktiva Rp 945.300.000 Jumlah Passiva Rp 945.300.000

Perubahan persekutuan menjadi perseroaan terbatas terjadi ketika masing-masing sekutu sepakat mendirikan PT dengan modal saham sebanyak 40.000 lembar saham dengan nilai Rp 15.000 dan dibagikan sebanyak 25.000 kepada sekutu. Apabila dianggap laporan keuangan tidak perlu dilakukan penyesuaian, maka jurnal pembentukan perseroaan terbatas adalah:

TanggalKeteranganDebit Kredit
01/01/2021Modal Deni Rp 425.385.000
Modal Dena Rp 141.795.000
Modal Deno Rp 189.060.000
Modal Saham Rp 375.000.000
Agio Saham Rp 381.240.000
01/01/2021Kas Rp 225.000.000
Modal Saham Rp 225.000.000

Baca Juga: Contoh Kasus Anggota Sekutu Mengundurkan Diri

Demikian contoh soal dan jawaban perubahan persekutuan menjadi perseroan terbatas pada materi akuntansi keuangan lanjutan. Semoga dapat memahami perubahan pemilikan persekutuan akibat anggota lama keluar atau masuknya anggota baru dalam firma.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal dan Jawaban Perubahan Persekutuan Menjadi Perseroan Terbatas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel