Contoh Soal Net Present Value, Nilai Waktu Uang dari Anuitas

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban time value of money atau nilai waktu dari uang, rumus present value, rumus future value serta cara menghitung anuitas dengan excel. Pertanyaan tentang nilai waktu uang akan dikaitan dengan akuntansi sebab nilai sekarang bisa lebih baik daripada nilai sebelumnya.

Contoh soal present value bunga majemuk, pertanyaan future value bunga majemuk menjadi konsep nilai waktu dari uang. Pertanyaan dan soal essay tentang nilai waktu uang akan menjadi pembahasan dalam akuntansi. Perbedaan nilai uang akan terjadi dari jangka waktu penyimpanan uang tersebut.

Contoh soal dan jawaban akuntansi dan nilai waktu uang akan dikaitkan dengan metode untuk menghitung nilai investasi. Rumus present value anuity dan rumus future value anuity harus diketahui untuk menjawab soal essay dan pertanyaan nila waktu dari uang.

Contoh Soal Net Present Value, Nilai Waktu Uang dari Anuitas


Pertanyaan dan Soal Essay Tentang Nilai Waktu dari Uang (Time Value of Money)

Pertanyaan dan soal essay tentang nilai waktu dari uang memberikan penjelasan bahwa nilai uang sekarang dapat berbeda dengan hari kemudian atau hari kemarin. Kelemahan dari payback period dapat diatasi dengan menggunakan rumus present value.

Soal essay tentang nilai waktu uang terjadi ketika kekurangan dari metode payback period yang mengabaikan prinsip time value of money. Perusahaan harus menghitung arus kas dengan bunga tertentu dan membandingkannya dengan cash flow tanpa bunga.

Pertanyaan tentang nilai waktu dan uang terjadi ketika arus kas setiap periode tidak sama. Soal essay time value of money harus memperhitungkan jumlah arus kas keseluruhan dari periode investasi yang akan dilakukan.

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Payback Period

Contoh Soal Present Value Bunga Majemuk dan Anuitas

Contoh soal present value bunga majemuk terjadi ketika PT Masraffi meminjam uang ke PT Kakraffi yang harus dibayarkan sebesar Rp 1.000.000 selama 7 tahun. Bunga present value yang dikenakan adalah 8% per tahun, bagaimana cara menghitung nilai sekarang dari pinjaman tersebut?

Present Value no.5
Per year1000000
No.of Year7
Rate8%
Present   Value Rp5.206.370

Present value adalah rumus untuk mengetahui nilai sekarang dari jumlah uang yang didapatkan dimasa depan. Present value tidak mengabaikan nilai waktu uang dari perhitungan investasi yang dilakukan sehingga memudahkan perhitungan profitability index.

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Internal Rate of Return

Rumus Present Value dan Rumus Nilai Waktu Uang

Rumus present value berisi tentang jumlah uang yang akan didapatkan kemudian, jumlah periode dan bunga yang dibebankan. Contoh soal dan jawaban akuntansi dan nilai waktu uang menjadikan pihak akuntan memperhitungkan atas investasi aset tetap yang telah dilakukan.

Rumus nilai waktu uang berisi tentang jumlah periode, bunga yang dibebankan serta total investasi yang dilakukan. Proceeds atau arus kas harus lebih banyak agar jangka waktu pengembalian investasi segera terjadi. 

Present value dan future value berguna untuk memperhitungkan layaknya sebuah investasi dilakukan. Nilai sekarang atau contoh soal present value bunga majemuk dapat menjadi pertanyaan nilai waktu uang berupa soal essay atau wawancara.

Baca Juga: Hubungan antara Net Present Value, Profitability Index dan Internal Rate of Return

Demikianlah contoh soal net present value, nilai waktu uang dari anuitas semoga dapat membantu menghitung tingkat bunga majemuk yang diinginkan ya.

{ "@context": "https://schema.org", "@type": "FAQPage", "mainEntity": [{ "@type": "Question", "name": "Contoh Soal Present Value Anuitas dan Bunga Majemuk", "acceptedAnswer": { "@type": "Answer", "text": "PT Masraffi telah meminjam uang sebesar Rp 5.000.000 yang harus dikembalikan dalam jangka waktu 8 bulan. Lebih Lanjut..." } }, { "@type": "Question", "name": "Present Value Adalah? Rumus Net Present Value", "acceptedAnswer": { "@type": "Answer", "text": "Present value adalah nilai sekarang dari jumlah uang yang didapatkan dikemudian hari, agar investor Lebih Lanjut..." } }, { "@type": "Question", "name": "Pertanyaan dan Soal Essay Nilai Waktu Uang", "acceptedAnswer": { "@type": "Answer", "text":"Apakah nilai waktu dan uang harus diperhitungkan dalam present value dan future value, apa rumus nilai waktu dan uang?
  • Bunga yang dibebankan
  • Jangka Waktu
  • Total Pendapatan atau Pinjaman
"} }] }

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Net Present Value, Nilai Waktu Uang dari Anuitas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel