Cara Menghitung Laba Kotor Direalisasi dan Ditangguhkan

Konten [Tampil]
Cara menghitung laba kotor direalisasi akan memberitahu berapakah jumlah laba atas penjualan angsuran yang diperbolehkan untuk diakui pada masa sekarang ini,. Laba kotor direalisasi adalah akun kontra dari laba koto belum direalisasi, laba kotor direalisasi akan menambah jumlah laba ditahan pada periode perusahaan.

Apa yang dimaksud laba kotor direalisasi adalah keuntungan yang telah direalisasi dan boleh diakui pada periode akuntansi atas penjualan angsuran yang telah dilakukan oleh perusahaan. Penjualan angsuran akan memunculkan akun laba kotor direalisasi ketika menggunakan metode proporsional.

Pengertian Laba Kotor Direalisasi

Pengertian laba kotor direalisasi adalah sejumlah keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan atas penjualan angsuran yang boleh diakui selama satu periode akuntansi, pengakuan haruslah sesuai dengan aturan yang berlaku di akuntansi ya.

Cara Menghitung Laba Kotor Direalisasi dan Ditangguhkan

Laba kotor direalisasi harus diperhitungkan dalam perolehan laba ditahan sebuah perusahaan, karena laba ini telah menjadi hak perusahaan selama satu periode akuntansi. Oleh karena itu, perlu diperhatikan cara menghitung laba kotor direalisasikan.

Contoh Soal Penjualan Angsuran Aset Tetap.

Contoh soal penjualan angsuran aset tetap merupakan bentuk penjualan angsuran barang berwujud yang memiliki umur ekonomis paling banyak. Nah, berdasarkan Soal penjualan angsuran tetap yang telah saya ungkapkan dahulu, dapat dicari laba kotor direalisasinya ya.

Perhitungan realisasi laba kotor yang ditangguhkan akan wajib diketahui karena setiap akuntan harus menjalan pencatatan dengan prinsip kehati-hatian, dimana boleh mengakui kerugian dan tidak boleh mengakui laba apabila belum ada kepastian mendapatkannya ya.

Sebutkan bentuk pencatatan dalam penjualan angsuran akan terdapat beberapa metode yaitu mengakui laba secara proporsional atau mengakui laba hanya pada saat penjualan terjadi. Tentunya metode penjualan angsuran tersebut akan mendapatkan kelebihan dan kekurangan masing-masing ya.

Cara Menghitung Laba Kotor Direalisasi dan Ditangguhkan

Apa saja ketentuan akuntansi pada metode laba diakui proporsional dengan penerimaan kas perlu diingat dalam menghitung laba kotor direalisasi harus diketahui jumlah yang telah didapatkan perusahaan dari penjualan angsuran dan pelunasannya ya.

Laba penjualan yang timbul pada saat transaksi dilakukan dimasukkan ke dalam rekening laba kotor belum direalisasi sehingga akan menjadi laba kotor direalisasi ketika akhir bulan ya.

Cara menghitung laba kotor direalisasi dan ditangguhkan sebagai berikut ini


Laba Kotor Penjualan Angsuran Yang telah direalisasi
- Uang Muka
 Rp    66.250.000
- 3x Bayar
 Rp    39.750.000
- 3x Bayar
 Rp    39.591.000
Tingkat Laba 41,27%
Pendapatan Bunga
 Rp    60.090.625


Demikianlah cara menghitung laba kotor direalisasi dan ditangguhkan telah selesai dibahas ya kawan-kawan

Belum ada Komentar untuk "Cara Menghitung Laba Kotor Direalisasi dan Ditangguhkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel