Cara Mencatat Jurnal Pembelian Barang dengan Diskon, Cashback dan Ppn

Cara mencatat jurnal pembelian barang dengan diskon, cashback dan ppn adalah transaksi yang disukai oleh pembeli. Pembeli menginginkan adanya potongan

Konten [Tampil]

Cara mencatat jurnal pembelian barang dengan diskon, cashback dan ppn adalah transaksi yang disukai oleh pembeli. Pembeli menginginkan adanya potongan harga yang dapat mengurangi harga pokok penjualan. Semakin murah harga barang yang dibeli memberikan peluang mendapatkan penjualan barang kembali.

Cara menghitung cashback, pajak pertambahan nilai dan diskon potongan harga merupakan transaksi yang melibatkan faktur penjualan dan bukti potong pph pasal 23. Setiap perusahaan yang bertransaksi menjadikan adanya peluang mendapatkan penghasilan dari aktivitas penjualan, pemberian modal bahkan investasi.

Contoh soal jurnal mencatat pembelian barang secara tunai dan kredit dianjurkan agar keseluruhan transaksi dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Rumus menghitung cashback diperlukan agar perusahaan dapat memotongkan pajak atas penghasilan yang diterima oleh penjual sesuai ketentuannya.

Cara Mencatat Jurnal Pembelian Barang dengan Diskon, Cashback dan Ppn

Pengertian Cashback, Diskon dan PPn 11%

Pengertian cashback menurut para ahli adalah pengembalian dana yang telah dibayarkan pembeli dalam rangka memudahkan proses pembelian barang ulang. Customer terdiri dari customer akhir dan customer yang akan memperdagangkan barangnya kembali. Penjualan barang kembali diharapkan memberikan keuntungan yang maksimal.

Pengertian diskon potongan harga menurut para ahli adalah pengurangan harga yang dibayarkan oleh pembeli atas barang yang berhasil diserahkanya. Penyerahan barang dan jasa kena pajak merupakan objek ppn. Cara menghitung cashback di excel akan memudahkan proses klaim pengadaan bahan baku dan bahan kemas.

Pengertian ppn 11% adalah tambahan harga yang harus dibayarkan oleh pembeli atas pengalihan hak manfaat dan hak milik barang. Diskon 10% artinya pembeli hanya membayarkan 90 persen dari total tagihan akhir. Cashback 10% artinya pembeli akan menerima pengembalian dana sebesar 10 persen dari total pembayarannya.

Baca Juga: Cara Approval Faktur Pajak Keluaran

Contoh Soal Pemberian Cashback, Potongan Harga dan Pemungutan PPn

Contoh soal pemberian cashback, potongan harga dan pemungutan pph merupakan dasar bagi perusahaan untuk meningkatkan kemungkian diperolehnya penghasilan kena pajak. Bagaimana cara menghitung diskon? diskon diperhitungkan dari total persentase atau total nilai yang diberikan kepada pelanggan.

Cara memperoleh kebijakan penjualan kredit dari penjual adalah memaksimalkan arus kas pembayaran kepada penjual. Penjual yang telah mengetahui kemampuan pembayaran nasabah akan dimudahkan dalam proses perhitungan pajak. Cashback masuk ke akun other revenue atau pendapatan lain-lain.

Contoh soal pemberian cashback, potongan harga dan pemungutan ppn terjadi ketika PT Rafinternet membeli sebuah komputer dengan harga kesepakatan Rp 33.000.000. Jika PT Rafinternet membayarkan secara keseluruhan akan diberikan cashback 10%, tetapi jika memilih diskon akan diberikan sebesar Rp 2.500.000.

Bagaimana cara mencatat jurnal cashback pembelian dan potongan harga barang tersebut?

Baca Juga: Cara Input Faktur Pajak di E-Faktur Pajak Pertambahan Nilai

Cara Menghitung Cashback dan Diskon di Excel

Cara menghitung cashback dan diskon di excel akan mempermudah jalan bagi pembeli mempersiapkan dana pelunasan tagihan. Dana adalah arus kas yang diperlukan agar perusahaan mampu mengoptimalkan peluang mendapatkan kesempatan dalam bekerjasama mencari keuntungan berbisnis.

Cara Menghitung Cashback 10 Persen di Excel dan Jurnal Pencatatannya

Cara menghitung cashback 10 persen di excel dan jurnal pencatatannya merupakan tahapan akhir setelah penentuan termin pembayaran. Kebijakan penjualan kredit akan diberikan kepada pelanggan yang diperkirakan mampu menyediakan kas dan setara kas dalam jangka waktu yang disepakati dengan manajer pemasaran.

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/05/2023Komputer Rp 33.000.000
PPN masukan Rp 3.630.000
Kas Rp 36.630.000
(jurnal pembelian komputer secara tunai)
06/05/2023Kas Rp 3.234.000
PPh Pasal 23 Rp 66.000
Pendapatan Lain-Lain Rp 3.300.000
(jurnal mencatat cashback pembelian barang)

Cara Menghitung Diskon Potongan Harga di Excel dan Jurnal Pencatatannya

Cara menghitung diskon potongan harga di excel dan jurnal pencatatannya merupakan informasi yang harus tercatat dalam faktur pajak keluaran. Faktur pajak adalah bukti dipungutnya pajak pertambahan nilai atas transaksi penjualan. Faktur pajak dapat dijadikan kredit pajak untuk mengurangi biaya pembayarannya.

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/05/2023Komputer Rp 24.000.000
PPN Masukan Rp 2.365.000
Potongan Pembelian Rp 2.500.000
Kas Rp 23.865.000
(Jurnal mencatat Pembelian Dengan Diskon)

Baca Juga: Contoh Sistem Pengendalian Internal Kas dan Setara Kas di Perusahaan Manufaktur

Demikian cara mencatat jurnal pembelian barang dengan diskon, cashback dan ppn dalam program komputer akuntansi accurate. Langkah-langkah membuat database accurate baru dapat menggunakan fitur persiapan standar dan persiapan mahir yang disesuaikan dengan tingkat keahlian dari supervisor accountingnya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mencatat Jurnal Pembelian Barang dengan Diskon, Cashback dan Ppn"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel