Contoh Soal Selisih Kas Menurut Perhitungan Fisik dan Pencatatan

Contoh soal selisih kas menurut perhitungan fisik dan pencatatan jurnal pemakaian kas dan pemasukan kas merupakan aktivitas perusahaan memperoleh kas

Konten [Tampil]

Contoh soal selisih kas menurut perhitungan fisik dan pencatatan jurnal pemakaian kas dan pemasukan kas merupakan aktivitas perusahaan memperoleh pertimbangan tentang kekayaan yang diatribusikan sesuai kebutuhan. Kas adalah aset penting perusahaan untuk membantu kegiatan operasionalnya.

Contoh soal kas kecil metode imprest dan metode fluktuasi bertujuan agar pemakaian dana kas perusahaan dapat berjalan sesuai kebutuhan perusahaan. Kas kecil digunakan untuk membiayai aktivitas perusahaan yang tidak dapat menggunakan cek dan bilyet giro sebagai metode pembayaran dengan lawan transaksi.

Jurnal selisih kas menurut perhitugnan fisik dan pencatatan jurnal ditujukan bagi entitas yang menjalankan aktivitas bisnis. Pemakaian kas hendaknya menyesuaikan tingkatkan bisnis untuk menyesuaikan kebutuhan perusahaan. Kas sebagai alat pembayaran paling likuid agar dapat membantu pelaksanaan kegiatan perusahaan.

Contoh Soal Selisih Kas Menurut Perhitungan Fisik dan Pencatatan

Contoh Pengeluaran yang Memerlukan Dana Kas Kecil

Contoh pengeluaran yang memerlukan dana kas kecil dapat diselenggarakan untuk menyakinkan para pemegang saham tentang kejadian yang ada di perusahaan. Kas kecil adalah bentuk aset perusahaan yang dapat membantu aktivitas bisnis agar dapat mengoptimalkan pengeluaran perusahaan setiap periodenya.

Pembayaran Klaim atau Reimbursement Karyawan

Contoh soal selisih kas kecil menurut perhitungan fisik dan pencatatan adalah sistem pengendalian internal perihal pembayaran klaim karyawan. Resimbursement karyawan adalah kegiatan pegawai perusahaan membantu operasional perusahaan dengan harta pribadinya untuk ditukarkan dengan kas dan setara kas tertentu.

Pembelian Peralatan Kantor

Biaya pembelian peralatan kantor ditujukan bagi entitas untuk mengoptimalkan segala pengeluaran perusahaan. Peralatan kantor adalah alat yang dapat membantu kegiatan operasional perusahaan agar dapat menyakinkan para pemegang saham untuk menjalankan aktivitas bisnis terutama berkaitan dengan dokumentasi.

Pembayaran Biaya Operasional Tanpa Cek dan Bilyet Giro

Pembayaran biaya operasional tanpa cek dan bilyet giro dilakukan untuk menghindari adanya pemeriksaan terhadap rekening bank. Tujuan dibentuknya kas kecil adalah meminimalisir biaya administrasi perbankan yang ditimbulkan akibat pemakaian layanan dan jasa transfer antar rekening bank yang berbeda.

Baca Juga: Cara Membuat Skedul Umur Piutang Tak Tertagih

Contoh Soal Selisih Kas Kecil dan Jawabannya

Contoh soal selisih kas kecil dan jawabannya merupakan aktivitas perusahaan untuk mengendalian setiap pengeluaran barang. Bagaimana penyelenggaraan pemakaian atau pengeluaran dana kas kecil dengan metode dana tetap dilakukan dengan meminta pengisian saldo kas kecil sesuai kas yang ditetapkannya.

Contoh soal pilihan ganda dan essay perhitungan selisih kas kecil menurut saldo di laporan keuangan dan brankas ditujukan agar entitas dapat memaksimalkan pemakaian yang ada. Apa akibat jika perusahaan tidak mengelola kas kecil dengan baik adalah berkurangnya kemampuan internal control kas.

Contoh soal selisih kas kecil dalam perusahaan dagang terjadi ketika PT Kakraffi melaksanakan cash opname dengan hasil Rp 52.000.000. Sementara, saldo kas kecil menurut catatan kasir adalah Rp 52.300.000. Bagaimana jurnal selisih kas kecil apabila saldo kas kecil lebih besar daripada yang sebenarnya?

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2022Patty Cash Rp 300.000
Other revenue Rp 300.000

Baca Juga: Contoh Soal Audit Subsequent Event dan Pencatatannya

Pertanyaan Diskusi Tentang Sistem Pengendalian Internal Kas Kecil

Pertanyaan diskusi tentang sistem pengendalian internal kas kecil dapat terjadi dalam setiap pemakaian kas di perusahaan. Dana kas kecil digunakan untuk apa saja? kas kecil dapat diperlakukan sebagai tambahan informasi kekayaan untuk mengendalikan aktivitas bisnis agar sesuai perkembangan di perusahaan.

Contoh soal selisih kas kecil menurut perhitungan fisik dan pencatatan jurnal di kasir perlu mempertimbangkan penerapan sistem pengendalian internal. Penyebab terjadinya selisih kas adalah keterlambatan pencatatan aktivitas pemakaian dana kas kecil bahkan pendapatan yang terjadi di perusahaan.

Pertanyaan diskusi tentang sistem pengendalian internal kas kecil bertujuan agar setiap pemakaian dana kas dapat dipertanggungjawabkan. Akibat jika perusahaan tidak mengelola dana kas kecil dengan baik adalah terjadi penyelewengan pembelian barang dagang bahkan transaksi fiktif setiap kali aktivitas terjadi.

Baca Juga: Contoh Soal Pemeriksaan Kas Kecil di Perusahaan

Demikian contoh soal selisih kas menurut perhitungan fisik dan pencatatan jurnal harus diatribusikan sesuai kebutuhan perusahaan. Bagian yang terlibat dalam pembentukan dana kas kecil diantaranya departemen kasir, finance, pemakaian kas kecil seperti purchasing dan warehouse di perusahaan jasa.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Selisih Kas Menurut Perhitungan Fisik dan Pencatatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel