Contoh Kertas Kerja Pemeriksaan Piutang Usaha dan Penjualan Kredit

Konten [Tampil]

Contoh kertas kerja pemeriksaan piutang usaha dan penjualan kredit menjadi bagian dari langkah perusahaan mendapatkan pendapatan jasa dan dagang. Cara mengisi kertas kerja neraca audit harus dimulai dengan laporan keuangan tahun lalu ditambahkan transaksi pada tahun pemeriksaan sehingga menghasilkan saldo akhir pos laporan keuangan.

Kertas kerja pemeriksaan audit perusahaan adalah langkah akuntan publik mendokumentasikan seluruh bukti audit yang didapatkannya. Prosedur pemeriksaan piutang usaha dimulai dari pemeriksaan terhadap pengendalian internal dan akhirnya penilaian kewajaran saldo laporan keuangan.

Contoh soal dan jawaban audit piutang usaha dan piutang lainnya menjadi langkah pemeriksaan terhadap kewajaran saldo piutang yang dilaporkan pada laporan posisi keuangan. Seberapa besar tingkat risiko pada saat pemeriksaan piutang berkaitan dengan audit risk diantaranya risiko bawaan, risiko pengendalian dan risiko deteksi.

Contoh Kertas Kerja Pemeriksaan Piutang Usaha dan Penjualan Kredit


Contoh Soal dan Jawaban Audit Piutang Usaha dan Piutang Lainnya

Contoh soal dan jawaban audit piutang usaha dan piutang lainnya tentu akan melibatkan daftar umur piutang dan kartu piutang. Piutang perusahaan yang berasal dari pelanggan akan dinilai kewajarannya berdasarkan risiko pengendalian piutang dagang.

Contoh soal dan jawaban audit piutang usaha dan piutang lainnya mengharuskan perusahaan membuat jurnal penyesuaian terhadap salah saji material. Apabila PT Kakraffi memiliki saldo piutang sebesar Rp 5.600.000 yang berasal dari penjualan kredit dimana Rp 2.100.000 merupakan piutang tak tertagih karena umur piutang lebih dari 180 hari.

Contoh soal audit piutang usaha dan piutang lainnya diharuskan membuat kertas kerja pemeriksaan piutang dagang. Pemeriksaan piutang usaha dan piutang dagang harus dilakukan dengan melihat pengendalian intern untuk menentukan sejauh mana tujuan pengendalian substantif dapat dilakukan.

Baca Juga: Asersi Manajemen Yang Digunakan Akun Piutang Usaha

Contoh Kertas Kerja Pemeriksaan Piutang Usaha

Kertas kerja pemeriksaan piutang usaha berguna untuk mendokumentasikan kegiatan akuntan publik dalam menilai kewajaran saldo piutang usaha. Tujuan pengendalian substantif piutang usaha dan piutang lainnya akan berguna untuk penilaian nilai piutang yang tercantum dalam laporan keuangan.

Contoh kertas kerja pemeriksaan piutang usaha dan piutang lainnya berisi tentang saldo tahun lalu, koreksi saldo piutang tahun pemeriksaan sehingga menghasilkan saldo akhir laporan keuangan yang diperiksa. Seberapa besar tingkat risiko pada saat pemeriksaan piutang? tentunya bergantung pada pengendalian intern yang diterapkan perusahaan.

Contoh kertas kerja pemeriksaan piutang dagang dan piutang lainnya berdasarkan contoh kasus piutang dan penyelesaian sebagai berikut ini.

Kertas   Kerja Pemeriksaan Piutang
Saldo AwalRp0
Saldo Akhir KlienRp5.600.000
Saldo Akhir AuditorRp4.400.000
Jurnal PenyesuaianRp1.200.000

Baca Juga: Mengapa Perlu Dilakukannya Konfirmasi Hutang Pelanggan

Jurnal Penyesuaian yang Dibuat Oleh Auditor (Audit Adjustment)

Audit adjustment adalah jurnal penyesuaian yang dibuat oleh auditor kepada klien disebabkan temuan akuntan publik yang mengindikasikan bahwa perusahaan terdapat salah saji material. Mengapa daftar umur piutang diperlukan untuk audit karena berkaitan dengan penilaian piutang tak tertagih yang ada diperusahaan.

Pertanyaan pengujian substantif terhadap saldo piutang usaha dan piutang dagang akan menghasilkan jurnal penyesuaian yang dibuat oleh auditor. Ketika pemeriksaan piutang usaha dimana saldo klien dan saldo auditor berbeda maka akan dibuatkan audit adjustment.

Agar dapat menyesuaikan dengan transaksi yang sebenarnya di dalam perusahaan, maka jurnal penyesuaian yang dibuat oleh auditor sebagai berikut.

TanggalKeteranganDebitKredit
31/12/2021Beban Kerugian PiutangRp1.200.000
Piutang UsahaRp1.200.000

Baca Juga: Pengujian Substantif Terhadap Saldo Piutang Usaha

Demikian contoh kertas kerja pemeriksaan piutang usaha dan penjualan kredit semoga menjadi alasan mengapa perlu dilakukannya konfirmasi piutang dan pembuatan analisis umur piutang ya.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Kertas Kerja Pemeriksaan Piutang Usaha dan Penjualan Kredit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel