Contoh Opini Audit Wajar Tanpa Pengecualian Dengan Paragraf Penjelas

Konten [Tampil]

Contoh opini audit wajar tanpa pengecualian dengan paragraf penjelas menjadi salah satu bentuk pendapat auditor ketika selesai melakukan pekerjaan lapangan. Laporan auditor independen wajar tanpa pengecualian menjadi keinginan dari perusahaan agar dinilai bebas dari salah saji material.

Opini audit laporan keuangan adalah pendapatan auditor setelah selesai melakukan pekerjaan lapangan dan memberikan audit report. Jenis-jenis opini audit diantaranya unmodified opinion dan modified opinion.

Contoh opini wajar tanpa pengecualian dengan paragraf penjelas (modified unqualified opinion) sebab auditor tidak mampu membuktikan kebenaran dari salah satu akun perusahaan. Di akhir pekerjaan lapangan auditor akan memberikan pendapat mengenai kewajaran laporan keuangan klien.

Contoh Opini Audit Wajar Tanpa Pengecualian Dengan Paragraf Penjelas


Pengertian Opini Audit

Pengertian opini audit adalah pendapatan yang diberikan auditor ketika selesai melakukan pekerjaan lapangan dengan membuktikan kewajaran laporan keuangan berdasarkan bukti audit yang diperoleh. Laporan auditor independen akan diterima oleh klien setelah klien menyerahkan representation letter.

Pengertian opini audit going concern menurut para ahli adalah pendapat yang diberikan ketika perusahaan dinyatakan mampu untuk melanjutkan kegiatan operasionalnya dimasa mendatang. Kewajaran laporan keuangan akan dipertimbangkan ketika memeriksa laporan keuangan.

Memahami dan mengevaluasi pengendalian internal klien menjadi dasar menentukan perencanaan audit. Audit plan akan dipergunakan untuk pemeriksaan laporan keuangan tahunan dan pada akhirnya akan memberikan laporan audit independen.

Baca Juga: Contoh Soal Audit Terhadap Kas Kecil

Contoh Pendapat Wajar Tanpa Pengecualian Dengan Paragraf Penjelas

Pendapat auditor wajar tanpa pengecualian diberikan kepada perusahaan yang menyusun laporan keuangan berdasarkan standar yang berlaku dan tidak terdapat salah saji material. Auditor dalam memberikan pendapat melalui laporan audit independen harus memperoleh bukti audit yang cukup dan tepat.

Contoh opini wajar tanpa pengecualian dengan paragraf penjelas biasanya dikarenakan auditor mendapatkan indikasi adanya hal yang fundamendal mempengaruhi laporan keuangan. Paragraf penekanan suatu hal dan paragraf hal lain dapat dicantumkan agar auditor memberikan penjelasan tentang kondisi keuangan perusahaan.

Contoh pendapat wajar tanpa pengecualian dengan paragraf penjelas biasanya diberikan kepada perusahaan yang tidak memberikan bukti yang cukup terhadap akun di laporan keuangan. Laporan auditor independen akan diterbitkan setelah proses pekerjaan lapangan selesai.

Baca Juga: Contoh Soal Compliance Test dan Substantive Test

Contoh Opini Audit Wajar Tanpa Pengecualian Dengan Paragraf Penjelas (Modified unqualified opinion)

Contoh opini audit wajar tanpa pengecualian dengan paragraf penjelas akan diberikan kepada perusahaan yang terindikasi adanya kesalahan material. Perusahaan yang mencatat transaksi tidak sesuai standar akuntansi yang berlaku atau adanya indikasi kelangsungan usaha tidak terjamin dimasa depan.

Contoh opini wajar tanpa pengecualian dengan paragraf penjelas biasanya diberikan bersamaan dengan paragraf hal lain atau paragraf penekanan suatu hal. Evaluasi pengendalian internal diperlukan agar compliance test dapat mempercepat pekerjaan auditor.

Contoh opini audit going concern pada dasarnya sama dengan opini wajar tanpa pengecualian. Mengapa auditor harus memahami bisnis klien dan pengendalian internal klien berkaitan dengan proses penyusunan kertas kerja pemeriksaan.

Baca Juga: Contoh Kasus Tanggal Ganda dalam Laporan Audit Independen

Demikianlah contoh opini audit wajar tanpa pengecualian dengan paragraf penjelas semoga dapat membantu mengevaluasi pengendalian internal di perusahaan ya.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Opini Audit Wajar Tanpa Pengecualian Dengan Paragraf Penjelas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel