Solusi Kehabisan Nomor Seri Faktur Pajak dan Batas Waktu Permintaan

Konten [Tampil]

Solusi kehabisan nomor seri faktur pajak menjadikan alasan bagi pengusaha kena pajak yang memiliki lonjakan transaksi yang banyak dibandingkan bulan sebelumnya. Terlambat meminta nomor seri faktur pajak mengakibatkan pengusaha kena pajak tidak dapat membuat faktur sehingga tanggal faktur pajak melebihi tanggal transaksi.

Solusi tanggal faktur lebih kecil daripada tanggal nomor seri faktur pajak adalah memajukan transaksi ke hari dimana proses permintaan faktur pajak diberikan. Tanggal faktur sebelum tanggal permintaan nsfp mengakibatkan akuntan tidak dapat mengupload dan approve sebagai pajak keluaran.

Batas permintaan nomor seri faktur pajak terjadi ketika terlambat meminta nsfp sebab pkp mengalami lonjakan transaksi sehingga nomor seri faktur pajak habis sebelum masanya. Solusi kehabisan NSFP adalah melakukan permintaan faktur pajak sebelum pergantian masa dari tanggal transaksi tersebut.

Solusi Kehabisan Nomor Seri Faktur Pajak dan Batas Waktu Permintaan


Cara Meminta Nomor Seri Faktur Pajak

Cara meminta nomor seri faktur pajak harus dilakukan dengan mendatangi kantor pelayanan pajak tempat pendaftaran. Sekarang ini, PKP dapat menggunakan e-Nofa untuk meminta NSFP dan dapat menghindari adanya denda. 

Batas permintaan nomor seri faktur pajak bergantung pada jumlah transaksi selama 3 bulan terakhir. Cara meminta nomor seri faktur pajak dilakukan dengan menggunakan e-nofa atau pkp dapat meminta langsung ke KPP tempat pengukuhannya. PKP akan mendapatkan NSFP pada hari yang sama ketika melakukan permintaan melalui e-nofa.

Batas waktu dan cara meminta nomor seri faktur pajak bergantung pada jumlah faktur pajak yang diterbitkan selama 3 bulan terakhir. Pengusaha kena pajak yang membuat FP tidak sesuai dengan tanggal transaksi berpotensi mendapatkan sanksi pajak sebesar 2%.

Baca Juga: Contoh Sodal Audit Pemeriksaan Pajak Dibayar Dimuka

Solusi Tanggal Faktur Lebih Kecil Daripada Tanggal Nomor Seri Faktur Pajak

Solusi tanggal faktur lebih kecil daripada tanggal nomor seri faktur pajak akan mengakibatkan status dari FP menjadi faktur pajak tidak lengkap. Tanggal faktur pajak harus sama dengan tanggal surat pemberian nomor sehingga pkp penjual tidak dapat menjadikannya sebagai pajak keluaran ya.

Solusi tanggal faktur lebih kecil daripada tanggal nomor seri faktur pajak adalah memuat faktur pajak pada tanggal permintaan NSFP. Kerugian dari menerbitkan faktur pajak tidak lengkap adalah pkp penjual dikenakan saksi sebesar 2% dari DPP dan PKP Pembeli akan kehilangan hak sebagai faktur pajak masukan.

Tanggal faktur sebelum tanggal NSFP tidak bisa dilakukan sebab akan terjadi kegagalan dalam melalukan upload faktur pajak tersebut. Solusinya, membuat faktur pajak baru dengan mencantumkan NSFP pada tanggal yang sama dengan surat pemberian nomor seri faktur pajak tersebut.

Baca Juga: Masa Lapor Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penghasilan

Tanggal Faktur Sebelum Tanggal Permintaan NSFP

Tanggal faktur sebelum tanggal permintaan NSFP terjadi ketika nomor seri faktur pajak penjual telah habis sebelum masanya. Jatah nomor seri faktur pajak dapat digunakan selama tanggal sesuai dengan tanggal permintaan dari pkp penjual.

Tanggal faktur sebelum tanggal permintaan NSFP mengakibatkan perusahaan terkena denda sebesar 2% dari DPP. PKP Pembeli akan kehilangan hak menjadikannya sebagai kredit pajak masukan. Batas waktu pengkreditan faktur pajak masukan adalah 3 bulan dari penerbitan faktur tersebut.

Terlambat meminta nomor seri faktur pajak mengakibatkan PKP penjual tidak dapat menerbitkan faktur pajak. Tanggal faktur sebelum tanggal permintaan NSFP mengakibatkan PKP penjual dianggap menerbitkan faktur pajak tidak lengkap sehingga berpotensi terkena denda 2% dari nilai DPP.

Baca Juga: Contoh Kasus Faktur Pajak Keluaran

Demikianlah solusi kehabisan nomor seri faktur pajak dan tanggal invoice lebih kecil daripada tanggal permintaan NSFP semoga dapat membantu mengetahui batas waktu permintaan nomor seri faktur pajak.

Belum ada Komentar untuk "Solusi Kehabisan Nomor Seri Faktur Pajak dan Batas Waktu Permintaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel