Pengertian dan Tujuan Utama Sistem Perhitungan Biaya Berdasarkan Pesanan

Konten [Tampil]
Sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan merupakan salah satu cara yang dipergunakan perusahaan dalam memuaskan keinginan konsumen dengan jalan menyesuaikan produk yang digunakannya agar sesuai dengan spesifikasi pesanan yang telah diterima.

Pada kesempatan ini membahas, pengertian dan tujuan utama sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan serta jenis perusahaan apa yang menggunakan sistem perhitungna biaya berdasarkan pesanan ini.

Sistem Perhitungan Biaya Berdasarkan Pesanan

Pengertian Sistem Perhitungan Biaya Berdasarkan Pesanan

Pengertian sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan adalah sistem yang menentukan biaya yang dibebankan kepada perusahaan terkait kepada produk yang khusus dibuatkan sesuai dengan spesifikasi yang diminta oleh konsumen.

Sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanaan adalah sebuah mekanisme dalam membebankan produk pesanan yang telah diselesaikan sesuai dengan spesifikasi yang diminta oleh konsumen.

Jenis Perusahaan yang Menggunakan Sistem Perhitungan Biaya Berdasarkan Pesanan.

Jenis perusahaan yang menggunakan sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan dan berdasarkan proses merupakan perusahaan manufaktur, hal ini karena perusahaan manufaktur akan mengubah barang mentah menjadi barang jadi.

Sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan hanya akan terjadi pada perusahaan yang mampu mengubah produk mentah menjadi produk jadi yang sesuai dengan karakteristik yang diminta oleh konsumen.

Tujuan Utama Sistem Perhitungan Biaya Berdasarkan Pesanan.

Sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan memiliki tujuan utama yaitu agar biaya yang terjadi dalam proses pembuatan pesanan konsumen dibebankan secara akurat sehingga dapat diketahui dengan mudah berapakah biaya pokok penjualan beserta laba yang dihasilkan perusahaan selama satu tahun.

Tujuan utama sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan akan terjadi ketika seluruh komponen biaya bahan, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik dialokasian secara proporsional pada perusahaan.

Arus Biaya dengan Metode Pesanan.

Arus biaya dan sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan mengalir dari pembelian bahan baku, kemudian mengubahnya menjadi bahan setengah jadi dan bahan jadi kemudian diberikan kepada konsumen yang memintanya.

Demikianlah pengertian sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan, semoga anda paham mengenai pengertian, tujuan utama dan jenis perusahan yang menggunakan sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan ya.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan Tujuan Utama Sistem Perhitungan Biaya Berdasarkan Pesanan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel