Contoh Soal Program Pembagian Kas Likuidasi Bertahap

Konten [Tampil]
Contoh Soal Program Pembagian Kas Likuidasi Bertahap merupakan program siapa yang akan terlebih dahulu mendapatkan kas yang berguna untuk membackup kemungkinan rugi di masa yang akan datang.

Contoh soal laporan likuidasi persekutuan akan membantu dalam mencari jawaban siapakah yang akan mendapatkan kas terlebih dahulu sebagai seseorang yang paling sedikit menanggung rugi maksimum.

Nah penyebab terjadinya likuidasi pada entitas terdapat banyak penyebab salah satu diantaranya adalah adanya konflik diantara para sekutu yang menyebabkan entitas firma tidak mungkin lagi melanjutkan kegiatannya.


Pengertian Likuidasi Persekutuan Bertahap

Pengertian Likuidasi Persekutuan Bertahap adalah proses likuidasi yang dilaksanakan berdasarkan kepemilikan kas yang artinya ketika kas didapatkan maka kas akan dibagikan langsung kepada para anggota baik dengan schedul pembagian kas atau tidak.

Metode likuidasi bertahap terdiri dari likuidasi tanpa program kas dan dengan program kas. Kali ini akan membahas proses likuidasi dengan menggunakan program pembagian kas.

Contoh Soal Program Pembagian Kas Likuidasi Bertahap

Contoh Soal Program Pembagian Kas Likuidasi Bertahap yang terjadi pada Firma rafinternet. Adapun laporan posisi keuangan sebelum terjadinya likuidasi adalah sebagai berikut ini

Contoh Soal Program Pembagian Kas Likuidasi Bertahap

Buatlah program pembagian kas atau schedule pembagian kas dengan proses likuidasi bertahap sesuai dengan laporan posisi keuangan diatas apabila rasio pembagian laba rugi adalah 40:20:10:30.

Caranya anda hitung terlebih dahulu kemampuan menanggung resiko maksimal diantara para sekutu, lalu anda tentukan siapa yang menjadi orang utama dalam menanggung resiko tersebut.


Keterangan
 Modal
 Modal
 Modal
 Modal

 Rafinternet
 Mas Raffi
 Kak Raffi
 Naila
- Modal awal
 Rp       15.100
 Rp          7.000
 Rp      10.000
 Rp   10.310
- Utang

 Rp       20.000


- Piutang
 Rp    (10.000)



Modal Bersih
 Rp         5.100
 Rp       27.000
 Rp      10.000
 Rp   10.310
Rasio Laba Rugi
40%
20%
10%
30%
KMRM
 Rp       12.750
 Rp     135.000
 Rp   100.000
 Rp   34.367
Prioritas
4
1
2
3


Sesuai dengan KMRM atau kemampuan menanggung rugi maksimum diketahui bahwa mas raffi yang akan mendapatkan prioritas pembayaran kas terlebih dahulu ya.

Demikian cara membuat program pembagian kas proses likuidasi bertahap persekutuan semoga anda paham dengan penjelasan saya ya

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Program Pembagian Kas Likuidasi Bertahap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel