Contoh Soal dan Jawaban Perubahan Kepemilikan Persekutuan

Konten [Tampil]
Contoh soal dan jawaban perubahan kepemilikan persekutuan terjadi ketidak ada anggota sekutu yang keluar dan masuk kedalam firma, adanya prosedur masuknya dan keluarnya anggota persekutuan akan berdampak pada keadaan yang ada didalam firma.

Perbedaan antara metode goodwill dan bonus dalam persekutuan terletak dalam pengakuan sesuatu hal yang lebih diantara para anggota seperti nama yang terkenal bahkan memiliki kharisma dimata orang lain, oleh karena nilai lebih tersebut, perusahaan akan mencatat sebagai bonus atau goodwill dalam persekutuan.


Contoh Soal dan Jawaban Perubahan Kepemilikan Persekutuan.

Keluarnya anggota lama dalam persekutuan akan mengakibatkan persentase laba dan rugi yang telah dibagi kepada sekutu lama akan berubah, oleh karena itu maka akan ada perubahan kepemilikan firma yang diakibatkan keluarnya anggota firma tersebut.

Perbedaan pendekatan bonus dan pendekatan goodwill persekutuan yang akan digunakan adalah metode bonus, karena kebanyakan firma akan memberikan bonus kepada sekutu yang masih bertahan ya.

Contoh Soal dan Jawaban Perubahan Kepemilikan Persekutuan

Perubahan kepemilikan persekutuan yang terjadi pada firma puspita sari adalah pada tanggal 3 januari 2012 disetujui bahwa sani keluar dari firma dengan mengembalikan modal sani sebesar Rp 34.000.000, selisih antara nilai buku dan modal sani dengan jumlah pengembalian diakui sebagai bonus untuk rina dan tika adapun persentasenya adalah 2:1. Nah sesuai dengan kesepakatan antara rina dan tika, bonus dibagi sebesar Rp 1.050.170 dan Rp 529.010 atau jika dibuat persentase sebesar 2;1. Adapun modal akhir sani adalah Rp 34.957.275, berikut adalah perhitungan perubahan kepemilikan firma.


Tanggal
Keterangan
 Debit
 Kredit

Modal Sani
 Rp             957.275


   Modal Rina
 Rp             636.597

   Modal Tika
 Rp             320.678

Kas
 Rp       34.000.000


   Modal Sani
 Rp       34.000.000

Demikian contoh soal dan jawaban perubahan kepemilikan persekutuan firma puspita sari semoga anda paham ya kawan.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal dan Jawaban Perubahan Kepemilikan Persekutuan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel